Main Article Content

Abstract

Perpustakaan Digital merupakan sebuah sistem perpustakaan yang menggunakan fasilitas elektronik dalam menyampaikan informasi dari sumber-sumber informasi yang dimiliki. Fasilitas elektronik yang digunakan dapat menjakau secara luas melalui komputer, telepon, internet, intranet dan piranti-piranti lain yang berkembang saat ini. Perpustakaan digital dapat diartikan juga sebagaimana sekumpulan kegiatan yang menggabungkan koleksi-koleksi, macam-macam layanan dan sumber daya manusia untuk mendukung penuh siklus penciptaan, diseminasi, pemanfaatan dan penyimpanan data informasi, serta pengetahuan. Dan sekumpulan kegiatan tersebut semua dalam bentuk format yang telah dievaluasi, diatur, diarsip dan disimpan dalam data base. Perpustakaan digital dapat juga merupakan sebuah konsep penggunaan internet atau intranet serta teknologi informasi dalam manajemen perpustakaan. Penerapan sistem perpustakaan digital ini akan sangat membantu pustakawan dan para pengguna perpustakaan dalam temu kembali informasi secara cepat. Bagi pustakawan, sistem ini akan membantu pekerjaan mereka melalui fungsi-fungsi otomasi yang tersedia, sehingga proses pengelolaan perpustakaan akan menjadi lebih efektif dan efisien. Pengembangan koleksi perpustakaan dari koleksi cetak ke koleksi perpustakaan elektronik (digital) merupakan hal yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pencari informasi dan untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Melalui perpustakaan digital, pemakai dapat mengakses sumber informasi perpustakaan lewat jarak jauh, lebih mudah, lebih murah, lebih  efektif dan efisien. Perpustakaan pada masa mendatang dituntut untuk mengembangkan kultur-kultur baru sesuai dengan perkembangan, dan meningkatkan mutu pelayanan bagi para pemustaka yang harus mulai diperlakukan sebagai customers. Sehingga akan segera terlihat bahwa kebutuhan fasilitas, sarana dan prasarana layanan secara teknis semakin meningkat dimasa yang akan datang. Berkaitan dengan peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana inilah pengembangan  perpustakaan yang berbasis aplikasi teknologi informasi, menjadi sangat mendesak untuk segera dipersiapkan dan diterapkan mulai dari sekarang.

Keywords

perpustakaan digital teknologi informasi alih media

Article Details

Author Biography

Umi Wardanah, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan
How to Cite
Wardanah, U. (2020). ALIH MEDIA KOLEKSI PERSIAPAN MENUJU DIGITAL LIBRARY. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 147–164. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15200

References

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_library
  2. http://kunci.or.id/esai/nws/02/cyberculture.htm, akses 15 januari 2007 pk 10:59 am
  3. http://www.indonesiadln.org/wiki/index.php/Perpustakaan_Digital_Bukan_Sekadar_Koleksi_Digital
  4. Ida Fajar Priyanto. 2006. Perpustakaan Digital – modul perkuliahan Program Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Kalijaga. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
  5. Qalyubi, Syihabuddin. 2003. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga.
  6. Soeharto, Admiko.2005.”Perpustakaan digital sebagai solusi alternatif”.Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, no. 46/Desember.
  7. Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia.