Main Article Content

Abstract

Makalah ini mengajukan konsep pengembangan Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai pusat aktivitas sivitas akademika. Perpustakaan perguruan tinggi tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan akses informasi, tetapi juga berperan sebagai pusat kolaborasi, inovasi, dan pengembangan akademik. Untuk mewujudkan perpustakaan sebagai pusat aktivitas, dibahas lima aspek utama, yaitu tata kelola ruang/rancang bangun gedung, tata kelola koleksi, tata kelola fasilitas dan lingkungan, tata kelola sumber daya manusia, serta tata kelola sistem. Transformasi ini mencakup integrasi teknologi informasi, digitalisasi koleksi, penambahan fasilitas modern, pengembangan kemampuan multi-tasking pustakawan, dan penerapan sistem informasi yang integratif. Konsep ini bertujuan menciptakan lingkungan perpustakaan yang mendukung pembelajaran, penelitian, dan pengembangan akademik secara optimal, serta berperan sebagai katalisator dalam menciptakan ekosistem akademik yang inovatif dan inklusif, sejalan dengan visi UII menjadi universitas riset pada tahun 2035.

Keywords

sistem informasi perpustakaan perpustakaan perguruan tinggi tata kelola sivitas akademika pusat aktivitas

Article Details

Author Biography

Widodo, Universitas Islam Indonesia

Direktorat Perpustakaan

How to Cite
Widodo. (2024). Perpustakaan UII sebagai Pusat Aktivitas Sivitas Akademika (Konsep Pengembangan). Buletin Perpustakaan, 7(2), 165–175. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i2.34255

References

  1. Fahmi, Y. (2013). Desain Gedung Perpustakaan Perguruan Tinggi (Antara Fungsi dan Nilai Estetika). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 1(2), 139–145. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/31
  2. Ismanto. (2017a). Peran Pustakawan dalam Literasi Informasi bagi Pemustaka. Buletin Perpustakaan, 58, 81–96. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9077
  3. Ismanto, I. (2017b). Penerapan Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2008 di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Buletin Perpustakaan, 57, 73–84. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9103
  4. Melani, S. (2019). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Terhadap Pencarian Informasi [Skripsi, UIN Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/11345/
  5. Ngatini, N. (2020). Peran Pustakawan dalam Optimalisasi Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Buletin Perpustakaan, 3(2), 157–170. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17804
  6. Pamartikawati, D. D. (2017). Makalah: Manfaat Perpustakaan sebagai Sumber Belajar. https://eprints.uad.ac.id/5240/
  7. Saputra, J. N., Darubekti, N., & Sa’diyah, L. (2020). Personal Branding Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 11(2), 58–68. https://doi.org/10.20473/pjil.v11i2.24196
  8. Setyawan, W. B. (2018). Fasilitas Modern Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 1(2), 107–116. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15172
  9. Sutoto, I. (2018). Peran Perpustakaan Fakultas Hukum dalam Menyongsong UII sebagai World Class. Buletin Perpustakaan, 1(2), 59–74. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15169
  10. Utomo, T. P. (2020). Membangun Profesionalisme Sebagai Strategi Pustakawan Menghadapi Era Society 5.0. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 2(2), 1–12. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15179
  11. Utomo, T. P. (2023). Menggabungkan Fungsi dan Estetika: Pendekatan Desain Interior yang Holistik di Direktorat Perpustakaan UII. Jurnal Inovasi dan Ilmu Perpustakaan, 1(1), 25–35. https://jiip.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/5
  12. Wardanah, U. (2020). Alih Media Koleksi Persiapan Menuju Digital Library. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 147–164. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15200