Main Article Content
Abstract
Penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 penting bagi sebuah perpustakaan, karena pada era globalisasi dan informasi persaingan semakin meningkat dan ketat sehingga keberadaan organisasi atau lembaga termasuk di dalamnya perpustakaan perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan mutu agar dapat bersaing dengan unit lain dimana perpustakaan itu berada. Apabila pandangan perguruan tinggi sebagai lembaga induknya telah berubah, maka secara manajemen perpustakaan sebagai unsur penunjang juga ikut berbenah dan meningkat kinerjanya. Untuk meningkatkan mutu kinerja perpustakaan perguruan tinggi seluruh komponen yang ada perlu memahami bakuan mutu yang telah ditentukan, termasuk bakuan mutu yang ditentukan oleh SMM ISO 9001: 2008 yakni standar mutu yang memenuhi kualifikasi sertifikasi organisasi tersebut, termasuk di dalamnya perpustakaan. Tujuan diterapkan SMM di perpustakaan adalah untuk mendapatkan sertifikat, sehingga pengakuan publik yang selama ini dirasa kurang baik akan meningkat dan untuk perbaikan secara terus menerus dan berkelanjutan. Disamping itu manfaat penerapan SMM SNI ISO 9001: 2008 untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja perpustakaan dalam upuya memuaskan pemustaka.
Keywords
Article Details
References
- Balague, Nuria and Saarti, Jarmo, 2011, Managing Your Library and its Quality: The ISO 9001 way, Oxford: Chandos Publishing.
- BSN, 2009, Pengantar Standarisasi, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional, 2009.
- _______, 2010, Handbook: Standar Nasional Indonesia Sistem Manajemen Mutu (SNI/ISO 9001:2008), Jakarta: Badan Standarisisasi Nasional.
- _______, 2013, Sistem manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2008; penerapan pada usaha kecil dan menengah, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
- Hasibuan, MSP, 2008, Manajemen: Dasar, pengertian dan masalah, Jakarta: Bumi Aksara
- Nurkolis, 2003, Manajemen berbasis sekolah: teori, model dan aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indoensia.
- Siswanto, HB, 2009, Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.
- Sulistyo-Basuki, 2010, Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan Cet. 2, Jakarta: Universitas Terbuka
- Sutarno, NS, 2006, Manajemen Perpustakaan:suatu pendekatan praktik, Jakarta: Sagung seto.
- Suwardi, 2006, Mengukur Kualitas Pelayanan Untuk Membangun Kepuasan Pengguna Perpustakaan, Unilib, Yogyakarta: Vol. 8, pp, 1-10.
- Wikipedia, 2016, PDCA, Wikipedia ensklopedi bebas. (online) 2016, 22 Des 2016, pukul (cited: 2016), http://id.wikipedia.org/wiki/PDCA.
References
Balague, Nuria and Saarti, Jarmo, 2011, Managing Your Library and its Quality: The ISO 9001 way, Oxford: Chandos Publishing.
BSN, 2009, Pengantar Standarisasi, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional, 2009.
_______, 2010, Handbook: Standar Nasional Indonesia Sistem Manajemen Mutu (SNI/ISO 9001:2008), Jakarta: Badan Standarisisasi Nasional.
_______, 2013, Sistem manajemen Mutu SNI ISO 9001: 2008; penerapan pada usaha kecil dan menengah, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.
Hasibuan, MSP, 2008, Manajemen: Dasar, pengertian dan masalah, Jakarta: Bumi Aksara
Nurkolis, 2003, Manajemen berbasis sekolah: teori, model dan aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indoensia.
Siswanto, HB, 2009, Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyo-Basuki, 2010, Materi Pokok Pengantar Ilmu Perpustakaan Cet. 2, Jakarta: Universitas Terbuka
Sutarno, NS, 2006, Manajemen Perpustakaan:suatu pendekatan praktik, Jakarta: Sagung seto.
Suwardi, 2006, Mengukur Kualitas Pelayanan Untuk Membangun Kepuasan Pengguna Perpustakaan, Unilib, Yogyakarta: Vol. 8, pp, 1-10.
Wikipedia, 2016, PDCA, Wikipedia ensklopedi bebas. (online) 2016, 22 Des 2016, pukul (cited: 2016), http://id.wikipedia.org/wiki/PDCA.