Main Article Content

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui inovasi layanan di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Alasan pemilihan lokasi tersebut karena berdasarkan pengamatan awal, ditemukan beberapa layanan perpustakaan yang belum banyak diterapkan di perpustakaan perguruan tinggi lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitiatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun temuan pada penelitian ini yaitu inovasi layanan di Direktorat Perpustakaan UII yaitu; (1) layanan anak (Kids Corner), pemustaka layanan anak ini diantaranya para putra putri pegawai kampus UII (2) layanan komunikasi ilmiah yang memberikan program untuk memberikan bantuan kepada sivitas akademika berkaitan dengan kegiatan riset dan (3) layanan jam buka Direktorat perpustakaan UII hingga malam hari dan akhir pekan. Adapun saran penelitian kedepan yaitu fokus pada satu layanan yang sudah dibahas dengan menggali informasi yang lebih komprehensif.

Keywords

Inovasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Article Details

Author Biographies

Rheza Ega Winastwan, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi

Umi Haniati, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi

Nisa Adelia, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi

How to Cite
Winastwan, R. E., Haniati, U. ., & Adelia, N. . (2024). Inovasi Layanan di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Buletin Perpustakaan, 7(1). https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i1.34937

References

  1. Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kialitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Rajawali Pers.
  2. Andriani, J. (2016). Layanan Kid’s Corner di Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 24(1), 31. https://doi.org/10.21082/jpp.v24n1.2015.p31-37
  3. Asaniyah, N. (2022). Layanan Kids Corner di Direktorat Perpustakaan UII: Peluang dan Tantangan. Buletin Perpustakaan, 5(1), 65–80.
  4. Faatin, S. (2017). Membangun Peradaban Melalui Optimalisasi Peran Perpustakaan dalam Pembentukan Mahasiswa Berintegritas. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 5(2), 305–320. https://doi.org/10.21043/libraria.v5i2.2594
  5. Kusuma, G. P. R. (2021). Inovasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah–‘Aisyiyah (PTMA) Menghadapi Pandemi Covid-19: Sebuah Studi Literatur Bunga Rampai. Daluang: Journal of Library and Information Science, 1(2), 111–121. https://doi.org/10.21580/daluang.v1i2.2021.9444
  6. Lasa HS. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia (T. Soenarno, Ed.; Cetakan 1). Pustaka Book Publisher.
  7. Nafilah, E., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Saefudin, E. (2021). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(1), 33–44. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i1.3062
  8. Oxdefa, O. (2024). Implementasi Konsep Creating Shared Value (CSV) dalam Rangka Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Sucden Coffee Indonesia [Skripsi, Universitas Lampung]. https://digilib.unila.ac.id/78174/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
  9. Porter, M. E. (2013). Creating Shared Value as Business Strategy. https://www.hbs.edu/ris/Publication%20Files/20130523%20-%20FSG%20Shared%20Value%20Leadership%20Summit%20-%20MEP%20Keynote%20-%20FINAL%20FINAL_d18ef7ea-e736-4da0-b3b4-e9eac61b87a8.pdf
  10. Qalyubi, S. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Dalam Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI), Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.
  11. Rachmawati, T. S., & Agustine, M. (2021). Pola Komunikasi Organisasi Pustakawan-Guru dalam Pemberian Layanan Prima Perpustakaan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 17(1), 72–84. https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.1170
  12. Rahayu, S. (2017). Mengenal Perpustakaan Perguruan Tinggi Lebih Dekat. Buletin Perpustakaan, 57, 103–110. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9109
  13. Samiyati, S., Suratmi, I., & Santoso, J. (2021). Pemanfaatan Layanan Perpustakaan dan Prestasi Akademis Mahasiswa. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan, 1(1), 32–38. https://doi.org/10.24821/jap.v1i1.5915
  14. Sjahrial, R., & Pamuntjak. (2000). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan (Revisi). Djambatan.
  15. Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 271–286. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.271-286
  16. Susmiyati, S., & Kadi, T. (2021). Layanan Perpustakaan: Upaya Meningkatkan Keberdayaan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era Digital (Cetakan 1). Rajawali Pers.
  17. Wijaya, R. A., Qurratu’aini, N. I., & Paramastri, B. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi dalam Era Persaingan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.32528/jmbi.v5i2.2922