Main Article Content

Abstract

Islam menegaskan nilai-nilai keluhuran ilahiah sebagai landasan dalam praktek bisnis bagi pelaku bisnis muslim. Namun demikian, tidak sedikit pelaku bisnis yang cenderung mempraktikkan bisnis yang merugikan bagi orang lain bahkan terhadap lingkungan. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan. Pertama, bagaimana prinsip dasar praktik bisnis dalam Islam? Kedua, apakah kerangka dasar prinsip tersebut dalam Islam? Penelitian ini mengulas prinsip dalam praktik bisnis ditinjau dari perspektif Islam secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan normatif dan merujuk pada sumber data sekunder. Penelitian ini menyimpulkan, pertama, nilai-nilai moral seperti keadilan, kejujuran, amanah, profesionalisme, transparan, dapat dipercaya, jauh dari hal yang haram dan kezaliman merupakan prinsip dasar dalam praktik bisnis bagi pelaku usaha muslim. Kedua, prinsip-prinsip tersebut bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah yang dibingkai dalam kerangka Akidah, Ibadah dan Akhlak.

Keywords

Prinsip Praktik Bisnis Islam Pelaku Usaha Muslim

Article Details

How to Cite
Alfaqiih, A. (2018). Prinsip-Prinsip Praktik Bisnis dalam Islam bagi Pelaku Usaha Muslim. Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM, 24(3), 448–466. https://doi.org/10.20885/iustum.vol24.iss3.art6

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Buku
  3. Abdullah, M. Yatimin, Studi Akhlaq dalam Perspektif Al-Qur’an, Amzah, Jakarta, 2007.
  4. Ahmad, Mustaq, Etika Bisnis Dalam Islam, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, 2001.
  5. Ahmad Ibn Faris ibn Zakariya, Abu Husain, t.th, Mu’jam Maqa yis al-Lugah, Juz IV, Daar al-Fikr, Beirut.
  6. Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006.
  7. Al-Ghazali, Ringkasan Ihya’ Ulumuddin, Gita Media Press, Surabaya, 2003.
  8. al-Maududi, Abul A’la, Prinsip-prinsip Islam, Cet. Ke-2, Penterjemah, Abdullah Suhaili, PT Alma’arif, Bandung, 1983.
  9. Al-Munawar, Said Agil Husin, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat Press, Jakarta, 2003.
  10. Al-Qur’an Al Karim
  11. Ash Shiddieqy, Hasbi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Tauhid/Kalam, Bulan Bintang, Jakarta, 1973.
  12. _______, Ilmu Kalam, Bulan Bintang, Jakarta, 1986.
  13. Buchari, Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cet. Ke-8, Alfabeta, Bandung, 2009.
  14. Djamil, Fathurrahman, Hukum Ekonomi Islam; Sejarah, Teori dan Konsep, Sinar Grafika, Jakarta, 2013.
  15. Fauroni, R. Lukman, Etika Bisnis Dalam Al-Qur’an, Pustaka Pesantren, Yogyakarta, 2006.
  16. Ismail, Ghoffar, dkk., Panduan Kuliah Intensif al-Islam (KIAI) UMY, Edisi Revisi, LPPI UMY dan UNIRES Pres, Yogyakarta, 2014.
  17. Jusmaliani, dkk., Bisnis Berbasis Syariah, Bumi Aksara, Jakarta, 2008.
  18. Khairandy, Ridwan, Perjanjian Jual Beli, FH UII Press, Yogyakarta, 2016.
  19. Mardani, Hukum Bisnis Syariah, Prenadamedia Group, Jakarta, 2014.
  20. Ma’luf, Louis, Al Munjid, Dar al Masyrid, Beirut, 1997.
  21. Muhammad, Etika Bisnis Islami, UPP AMP YKPN, Yogyakarta, 2004.
  22. Muhammad bin Kasir, Abu al-Fida, t.th, Tafsir al-Qur’an al-Karim, Juz I, Toha Putra, Semarang.
  23. Razak, Nasiruddin, Dienul Islam, PT al-Ma’arif, Bandung, 1971.
  24. Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998.
  25. Rus’an, Intisari Filsafat Imam Al-Ghazali, Bulan Bintang, Jakarta, 1989.
  26. Shihab, M. Quraish, Fatwa-fatwa Seputar Ibadah Mahdah, Cet. I, Mizan, Bandung, 1999.
  27. Syukur, Amin, Pengantar Studi Islam, CV Bima Sakti, Semarang, 2003.
  28. Tim DPPAI, Pilar Substansial Islam, Cetakan Ketiga, DPPAI UII, Yogyakarta, 2016.
  29. Tono, Sidik, dkk., Ibadah dan Akhlak dalam Islam, Cet. Ke-3, UII Press, Yogyakarta, 2009.
  30. Jurnal
  31. Adibah Binti Abdul Rahim, “Understanding Islamic Ethics and Its Significance on the Character Buildingâ€, International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 3 No. 6, 2013.
  32. Adinugraha, Hendri Hermawan, “Norma dan Nilai Dalam Ilmu Ekonomi Islamâ€, Jurnal Media Ekonomi & Teknologi Informasi, Vol. 21 No. 1, 2013.
  33. Amalia, Fitri, “Etika Bisnis Islam: Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecilâ€, Al-Iqtishad, Vol. VI No. 1, 2014.
  34. Hashi, Abdurezak A., “Islamic Ethics: An Outline of Its Principles and Scopeâ€, Revelation and Science Journal, Vol. 01 No. 03, 2011.
  35. Lutfi, Achmad, “Penafsiran Ayat-ayat Ekonomi Dalam Al-Qur’an (Mengungkap Makna Bai’ dan Tijarah Dalam Al-Qur’an)â€, Jurnal Holistik, Vol. 12 No 12, 2011.
  36. Internet
  37. Anonim, “Digerebek, Pabrik Saus di Bandung Ini Pakai Pewarna Tekstil Bukan Cabai dan Tomat†dalam https://news.detik.com/jawabarat/2814332/digerebek-pabrik-saus-di-bandung-ini-pakai-pewarna-tekstil-bukan-cabai-dan-tomat, diakses pada tanggal 10 Juni 2016.
  38. http://food.detik.com/read/2012/08/01/154109/1980557/297/waspadai-nata-de-coco-mengandung-pemutih-dan-boraks, diakses pada tanggal 12 Juli 2016.
  39. Fadhil Al Birra, “Waspada! Ikan Berformalin Banyak Beredar, Begini Cara Membedakannya†dalam https://www.jawapos.com/read/2017/06/09/136193/ waspada-ikan-berformalin-banyak-beredar-begini-cara-membedakannya, diakses pada tanggal 10 Juni 2017.
  40. http://zonaekis.com/perdagangan-dalam-al-quran/ diakses pada tanggal 13 Juli 2016