Main Article Content

Abstract

Abstract


Purpose – This study examines economic inefficiencies at three intersections, the Tugu Jogja intersection on Jl. Pangeran Diponegoro, the Demangan Gejayan market intersection on Jl. Urip Sumoharjo and Mirota intersection UGM Campus on Jl. Terban.


Methods – Primary data collection is carried out directly in the study area by collecting variables on the average number of vehicles at the traffic light, the distance of the last vehicle queue in the red signal period, the number of vehicles that pass in the green signal period and the waiting time for vehicles in the last queue.


Findings – The main result of this study is that the length of time the current green and red lights are on is considered too long.


Implication – This study also proposes the length of time for the green and red lights to be turned on in the morning, afternoon, and evening as well as on weekdays and weekends in the three research locations.


Originality – This study contributes to analyzing economic efficiency by using direct surveys.


 


Abstrak


Tujuan – Studi ini meneliti ketidakefisienan ekonomi di tiga persimpangan yaitu simpang Tugu Jogja di Jl. Pangeran Diponegoro, simpang pasar Demangan Gejayan di Jl. Urip Sumoharjo dan simpang Mirota Kampus UGM di Jl. Terban. Pemilihan ini karena dinilai sebagai pusat aktivitas perkantoran, pendidikan, usaha masyarakat, dan pariwisata sehingga berdampak pada kemacetan yang sangat tinggi.


Metode – Pengumpulan data primer dilakukan secara langsung pada daerah studi dengan mengumpulkan variabel rata-rata jumlah kendaraan pada traffic light, jarak antrian kendaraan terakhir pada periode sinyal merah, jumlah kendaraan lolos pada periode sinyal hijau dan waktu tunggu kendaraan pada antrian terakhir.


Temuan – Hasil dari studi ini yang utama adalah lama waktu nyala lampu hijau dan merah yang sekarang terjadi dirasa terlalu lama.


Implikasi – Studi ini juga memberikan usulan lama waktu penyalaan lampu hijau dan merah di waktu pagi, siang, dan sore hari serta di waktu hari kerja dan akhir minggu di tiga lokasi penelitian.


Orisinalitas – Penelitian ini berkontribusi untuk menganalisis efisiensi ekonomi dengan menggunakan survey langsung.

Keywords

Kemacetan, pemborosan, lalu lintas

Article Details

References

  1. Abdi, G. N., Priyanto, S., & Malkamah, S. (2019). Hubungan Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Padjajaran (Ring Road Utara), Sleman. Teknisia, 55-64.
  2. Basuki, I., & Siswadi, S. (2008). Biaya Kemacetan Ruas Jalan Kota Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 9(1), 71-80.
  3. Hadis, Chirstmas Samodra. 2013. Hubungan Tundaan Dan Panjang Antrian Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Akibat Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Diunduh pada 19 Januari 2019.
  4. Hayun, Anggara. dan Sundari. 2005. Penentuan Waktu Penyalaan Lalu Lintas Yang Optimal: Kasus Persimpangan Buah Batu Lingkar Selatan. INASEA Vol.6 No.2 Oktober 2005: 77-90. Diunduh pada 18 Januari 2019
  5. Mahmudah, N., & Andriani, E. (2019). Penentuan Biaya Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal SGM Yogyakarta. Jurnal Transportasi, 19(2), 77-86.
  6. Munawar, A., & Kamulyan, B. (2021, May). Analysis of The Impact of Traffic and Pedestrianization Environment in Malioboro. Journal of the Civil Engineering Forum (Vol. 7, No. 2, pp. 187-196).
  7. Prasetyo, Bagas Arief, Dwi Ahmad Rizani, Muji Setiyo, Noto Widodo, Sifudin, Bagiyo Condro P. 2018. Estimasi Pemborosan Bahan Bakar Akibat Kemacetan Menggunakan Analisis Citra Google Map (Studi Kasus pada Simpang Armada Town Square Mall Magelang). Jurnal UNIMMA Vol. 1 No.2 (2018) pp. 37-43. Diunduh pada 03 Maret 2019.
  8. Rusli, L. (2019). Kerugian Transportasi Akibat Kemacetan Lalu Lintas Di Yogyakarta, Tesis Magister Teknik Sipil, Universitas Islam Indonesia.
  9. Saptaningtyas, F. Y., & Krisnawan, K. P. (2018, March). Dynamical analysis of Lorenz System on traffic problem in Yogyakarta, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012092). IOP Publishing.
  10. Sugiyanto, G., Munawar, A., Malkhamah, S., & Sutomo, H. (2011). Pengembangan Model Biaya Kemacetan Bagi Pengguna Mobil Pribadi Di Daerah Pusat Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Transportasi, 11(2).
  11. Yusup, M., & Mahmudah, N. (2018). Congestion Cost Analysis of Condongcatur Signalized Intersection Sleman, DI Yogyakarta using PTV. Vissim 9. In MATEC Web of Conferences (Vol. 181, p. 06003). EDP Sciences.