Main Article Content
Abstract
Label standar adalah salah satu label produk yang sering dipakai oleh produsen untuk memasarkan suatu produk. Hal tersebut penting bagi perusahaan karena label standar memiliki hubungan yang erat dengan kualitas produk. Apalagi, kadang kala konsumen mengalami kesulitan dalam mengevaluasi kualitas suatu produk. Akibatnya, mereka sering mempertimbangkan informasi-informasi yang tertera pada suatu produk atau kemasannya, termasuk mempertimbangkan kehadiran label standar. Jenis kelamin konsumen merupakan salah satu faktor yang menentukan bagaimana konsumen menggunakan label standar dalam keputusannya membeli suatu produk. Sayangnya, penelitian yang menguji secara empiris terkait dengan peran jenis kelamin dalam keputusan pembelian produk berlabel standar masih sangat jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konsumen pria dan wanita memiliki perbedaan pertimbangan dalam mengevaluasi produk berlabel standar. Penelitian ini dilakukan dengan cara teknik survei dengan kuesioner. Pengambilan data dilakukan dengan cara teknik convenience sampling. Sebanyak 207 responden bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Pada penelitian ini pengujian dilakukan pada dua aspek, yaitu (1) level pengenalan merek, dan (2) level keterlibatan produk. Berbagai produk yang diuji antara lain kalkulator, deterjen, laptop, smartphone, senter, dan kipas angin. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara umum pria dan wanita memiliki kesamaan pandangan dalam mengevaluasi produk berlabel standar. Meskipun begitu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dalam kondisi tertentu, pria dan wanita dapat memiliki perbedaan persepsi dalam mengevaluasi produk berlabel standar.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).