Penerapan Kompilasi Hukum Islam pada Peradilan Agama dalam Perkara Hadhonah dan Eksekusi Putusannya

Lutfi Lutfi, Amir Muallim

Abstract

Kompilasi Hukum Islam (KHI) merupakan hukum terapan pada peradilan agama namun kedudukannya lemah karena berbentuk Instuksi Presiden (INPRES). INPRES tidak masuk dalam sumber hukum dan tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis argumentasi bahwa KHI yang berbentuk INPRES dapat dijadikan sebagai hukum terapan pada peradilan agama sehingga menghasilkan suatu putusan dan menemukan cara untuk melaksanakan eksekusi perkara hadhonah. Tujuan lainnya adalah menemukan konsep baru yang sejalan dengan tujuan ditegakkannya hukum secara akumulatif. Penelitian ini menggunakan studi kasus Putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan yang banding ke Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta Tahun 2010-2013. Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif, yuridis empiris dan historis yang besifat deskriptif analisis kritis. Hasil temuan dianalisis dengan Teori Putusan Hakim, Teori Eksekusi, Teori Keadilan Hukum, Teori Maslahah al Mursalah dan Teori Kepastian Hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan, telah menggunakan KHI sebagai hukum terapan, meskipun bentuknya INPRES. Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan juga melaksanakan eksekusi putusan perkara hadhonah, meskipun obyeknya adalah orang (anak) bukan barang. Hanya saja penerapan putusan ini terfokus pada kepastian hukum, tanpa mempertimbangkan adanya kemanfaatan dan keadilan yang merupakan esensi dari tujuan hukum. Penelitian ini mengajukan solusi berupa Teori Akumulasi Tujuan Hukum yang menjamin keadilan dan kemanfaatan serta kepastian hukum yang merupakan tujuan hukum dapat tercapai  secara bersamaan dan sekaligus.

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Abdul Gani, 1992, “Kehadiran Kompilasi Hukum Islam dalam Hukum Indonesia”, Mimbar Hukum, Nomor 7, Jakarta: Al Hikmah dan Ditbinbapera.

Abdurrahman., 1992, Kompilasi Hukum Islam di Indonesia,Jakarta: CV Akademika Pressindo.

Ahmad, Amrullah., 1994, Prospek Hukum Islam dalam Kerangka Pembangunan Hukum, Jakarta: PP IKAHI.

Alam, Andi Syamsu., M.Fauzan., 2008,Hukum Pengangkatan Anak dalam Perspektif Islam, Jakarta: Pena Media.

Arifin, Bustanul., 1985, Prospek Hukum Islam dalam Kerangka Pembangunan Hukum Nasional di Indonesia, Jakarta: PP-IKAHA.

Arto, A. Mukti., 2000, Praktik Perkara Perdata pada Pengadilan Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asqallany, Al, Ahmad bin ‘Ali Ibn Hajar., t.t., Fath al-Bari bi sharhi Sahih al-Imam Abi ‘Abdullah Muhammad Ibn Isma’il al-Bukhari, Dar al-Fikrli al-Tiba’ah wa al-Nashr wa al-Tauzi’.

Attamimi, Hamid S., 1990, “Peranan Keputusan Presiden Indonesia dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara”, Disertasi Doktor, Jakarta: Universitas Indonesia.

Audah, ‘Abd al-Qadir., 1968, al-Tasyri’ Jina’i al-Islami, Beirut: t.p.

Azizy, A.Qodri , 2002, Elektisisme Hukum Nasional, Kompetisi antara Hukum Islam dan Hukum Umum, Yogyakarta: Gama Media.

Departemen Pendidikan Nasional., 2001, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III, Jakarta: Balai Pustaka.

Harahap, M. Yahya., 1990, Kedudukan, Kewenangan,dan Acara Peradilan Agama, Jakarta

Jauziyyah, Al, Ibnu Qayyim., t.t., I’lam al-Muwaqi’in ‘an Rabb al-‘Alamin,Beirut: Dar al-Jail.

Jazuli., 2006, Kaidah-KaidahFikih/Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam MenyelesaikanMasalah-Masalah yang Praktis,Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mahmasani, Subhi., 1979,Falsafat al-Tashrii fi al-Islam,Beirut: Dar al-Kashshafwa al-Nasr.

Makluf, Louis., 1986, Al-Munjid fi Al-Lughoh wa Al-A’lam, Beirut: Dar al-Masyriq.

Manan,Abdul., 2000, Penerapan Hukum Acara Perdata di Lingkungan Peradilan Agama, Jakarta: Yayasan Al-Hikmah.

Qayyim, Ibnu., t.t., al-Jauziyah, I’lam al-Muwaqiin, Juz III, Beirut: t.p.

Soekanto, Soerjono.,1986, Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta: UII.

Suteki, 2015, Masa Depan Hukum Progresif , Yogyajakrta: Thafa Media.

S. Sumantri, Jujun., 1966, Penelitian Ilmiah, Kefilsafatan dan Keagamaan Mencari Paradigma Kebersamaan, Dalam Klasifikasi Ilmu dan Paradigma Baru Penelitian Keagamaan, Yogyakarta: Kanisius.

Suny, Ismail.,“Kompilasi Hukum Islam Ditinjau dari Sudut Pertumbuhan Teori Hukum di Indonesia”,Mimbar HukumNo. 4 Tahun 1991, Jakarta: Al Hikmah dan Direktorat Pembinaan Badan Peradilan Agama Islam.

Wahyuni, Sri., 2003, “Politik Hukum Islam Indonesia (Studi terhadap Legislasi Kompilasi Hukum Islam)”, Jurnal dua bulanan, Mimbar Hukum Aktualisasi Hukum Islam No.59 Tahun XIV/2003, Jakarta: Dirbinbapera Islam Ditjenbinbaga Islam Depag RI.

Wojowasito., 1981, Kamus Umum Belanda Indonesia, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.

Zuhaili, Wahbah., 1993, Alfiqhu Al-Islami wa Adillatuhu, Jilid 10, Beirut: Dar al-fikry al-Araby.

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 391 times