Main Article Content

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meluruskan pemahaman di masyarakat bahwa Pesantren adalah sumber terjadinya konflik sosial. Sebenarnya, pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang berfungsi sebagai pembentukan etika sosial. Seiring dengan berkembangnya globalisasi dan era modernisasi sekarang ini, fungsi-fungsi  Pesantren  tidak hanya sebagai lembaga pendidikan Islam, akan tetapi ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, mentransfer ilmu-ilmu keislaman, memelihara tradisi keislaman, dan menciptakan generasi Islam yang mampu bersaing di era globalisasi. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau studi dokumentasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan data yang terkumpul, diketahui bahwa  pesantren  di  samping  sebagai  lembaga pendidikan Islam,   juga merupakan  lembaga pendidikan masyarakat  dan  tetap mendapat  kepercayaan  di  mata  masyarakat. Apabila sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat, maka akan terwujud suatu bentuk pendidikan Islam yang dapat mengatasi masalah masyarakat, salah satunya adalah konflik sosial.

Article Details

How to Cite
Saiin, A., Armita, P., & Rizki, M. (2020). Contribution of Pesantren to Prevent Social Conflict. Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 89–110. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art4

References

  1. Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1990. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur'an. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Anwar Masy'ari. 2002. Akhlak Al-Qur'an. Surabaya: PT Bina Ilmu
  3. Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Internasional. Bandung: Trama Widya
  4. Asmani, Jamal Ma'mun. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVAPress
  5. Bahri, Syaiful. 2018. "Peran Pondok Pesantren Dalam Mencegah Paham Radikalisme di Kabupaten Rejang Lebong", Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA) Vol. 1, No. 2, https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.483
  6. Changh, William. 2001. "Dimensi Etis Konflik Sosial". Kompas.com. Akses 2 Februari 2001
  7. Fathurrochman, Irwan. 2017. "Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup". TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol. 1, No. 1. Bengkulu: IAIN Curup https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216
  8. Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  9. Marimba, Ahmad D. 1981. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Al-Ma'arif
  10. Marlin, Antoni Sitorus, Muhammad Solihin, Atra Romeida dan Reny Herawati. 2020. "Community Empowerment of The Ar-Rahmah Pesantren, Rejang Lebong to Utilize Land with Shallot Cultivation". Agrokreatif, Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 6 No. 1 https://doi.org/10.29244/agrokreatif.6.1.53-61
  11. Masy'ari, Anwar. 2010. Akhlak Al-Qur'an. Surabaya: PT Bina Ilmu
  12. Masyhud, Sulthon dan Moh. Khusnurdilo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. tt: t.tp.
  13. Nazarudin. 2002. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras
  14. Rahardjo, M. Dawam (edt). 1985. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: LP3ES
  15. Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
  16. Shonhaji, Abdullah, dkk,. 1992. Terjemah Sunan Ibnu Majah. Semarang: Asy-Syifa'
  17. Surachmad, Winarno. 1970. Dasar dan Teknik Research: Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: Tarsito
  18. Suwendi. 2004. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  19. Tadjab, dkk,. 1996. Dasar-dasar Kependidikan Islam, Surabaya: Karya Aditama
  20. Uhbiyati, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia
  21. Ulwan, Abdullah Nasih. 1995. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam II. Semarang: Asy-Syifa'
  22. Vredenberg, Jacob. 1986. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia
  23. Wahid, Abdurrahman. 1988. Pesantren dan Pembaharuan. Yogyakarta: LP3ES
  24. Zed, Mestetika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
  25. Zuhairini dan Abdul Ghofir. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM PRESS