Contribution of Pesantren to Prevent Social Conflict

Asrizal Saiin, Pipin Armita, Muhammad Rizki

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meluruskan pemahaman di masyarakat bahwa Pesantren adalah sumber terjadinya konflik sosial. Sebenarnya, pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang berfungsi sebagai pembentukan etika sosial. Seiring dengan berkembangnya globalisasi dan era modernisasi sekarang ini, fungsi-fungsi  Pesantren  tidak hanya sebagai lembaga pendidikan Islam, akan tetapi ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, mentransfer ilmu-ilmu keislaman, memelihara tradisi keislaman, dan menciptakan generasi Islam yang mampu bersaing di era globalisasi. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau studi dokumentasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan data yang terkumpul, diketahui bahwa  pesantren  di  samping  sebagai  lembaga pendidikan Islam,   juga merupakan  lembaga pendidikan masyarakat  dan  tetap mendapat  kepercayaan  di  mata  masyarakat. Apabila sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat, maka akan terwujud suatu bentuk pendidikan Islam yang dapat mengatasi masalah masyarakat, salah satunya adalah konflik sosial.

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Abdurrahman Saleh. 1990. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta

Anwar Masy’ari. 2002. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: PT Bina Ilmu

Aqib, Zainal. 2009. Menjadi Guru Profesional Berstandar Internasional. Bandung: Trama Widya

Asmani, Jamal Ma’mun. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVAPress

Changh, William. 2001. “Dimensi Etis Konflik Sosial”. Kompas.com. Akses 2 Februari 2001

Fathurrochman, Irwan. 2017. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup”. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. Vol. 1, No. 1. Bengkulu: IAIN Curup

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Marimba, Ahmad D. 1981. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Al-Ma’arif

Masy’ari, Anwar. 2010. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: PT Bina Ilmu

Masyhud, Sulthon dan Moh. Khusnurdilo. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. tt: t.tp.

Nazarudin. 2002. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras

Rahardjo, M. Dawam (edt). 1985. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: LP3ES

Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Shonhaji, Abdullah, dkk,. 1992. Terjemah Sunan Ibnu Majah. Semarang: Asy-Syifa’

Surachmad, Winarno. 1970. Dasar dan Teknik Research: Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: Tarsito

Suwendi. 2004. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tadjab, dkk,. 1996. Dasar-dasar Kependidikan Islam, Surabaya: Karya Aditama

Uhbiyati, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia

Ulwan, Abdullah Nasih. 1995. Pedoman Pendidikan Anak Dalam Islam II. Semarang: Asy-Syifa’

Vredenberg, Jacob. 1986. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia

Wahid, Abdurrahman. 1988. Pesantren dan Pembaharuan. Yogyakarta: LP3ES

Zed, Mestetika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Zuhairini dan Abdul Ghofir. 2004. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UM PRESS

Article Metrics

Abstract view : 860 times
PDF - 135 times