Main Article Content
Abstract
Dalam era globalisasi saat ini, pendidikan Islam di Indonesia menghadapi banyak masalah, antara lain: degradasi moral, hilangnya semangat untuk meneliti, serta hilangnya keberanian dan kepercayaan diri. Fokus dalam artikel hasil penelitian ini adalah (a) bagaimana konsep humanisme religius dalam pendidikan islam? dan (b) bagaimana implikasi konsep humanisme religius menurut perspektif Abdurahman Mas'ud pada pendidikan formal di Indonesia? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi pustaka. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan islam humanisme religius merupakan proses pembentukan karakter, akhlak dan wawasan serta ilmu pengetahuan dengan cara menempatkan manusia sebagai manusia dengan landasan agama yang disertai hubungan manusia dengan Allah SWT dan sesama manusia atau hablun minallah dan hablun minnas. Implementasinya lebih fokus kepada aspek common sense, individualisme menuju kemandirian, thirst of knowledge, pendidikan pluralisme, kontekstualisme lebih mementingkan fungsi dari simbol, dan keseimbangan antara reward and punishment dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah/madrasah. Implikasi pendidikan islam humanisme religius terjadi dalam proses pendidikan di madrasah dan Universitas Islam dengan strategi menciptakan kombinasi yang seimbang antara pendekatan dan tujuan, keseimbangan antara orientasi dan informasi, menciptakan iklim/budaya akademik yang mendukung, dan membuat kurikulum yang berkarakteristik.
Kata kunci: pendidikan islam, humanisme religius, Abdurrahman Mas’ud, madrasah
Article Details
Copyright (c) 2020 Imam Mukhyidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution (CC-BY-SA) 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
References
- Abdurakhman, Hasanudin. "Menghafal Itu Bukan Belajar." Kompas.com. Accessed August 20, 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2016/12/14/15245261/menghafal.itu.bukan.belajar?page=all.
- Achmadi. Islam Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.
- Aminullah, Aam. "Sederet Kasus Tawuran Antar-Pelajar Di Tengah Pandemi Corona." Kompas.com, 2020. https://regional.kompas.com/read/2020/03/28/12252161/sederet-kasus-tawuran-antar-pelajar-di-tengah-pandemi-corona?page=all.
- Antaranews.com. "Dua Remaja Tewas Akibat Tawuran Di Matraman." Antaranews.com, 2020. https://www.antaranews.com/berita/1675558/dua-remaja-tewas-akibat-tawuran-di-matraman.
- Arifin, Zainul. "Nilai Pendidikan Humanis-Religius." An-Nuha 1, no. 2 (2014): 53-80.
- Assidiq, Yusuf, and Agung Sasongko. "7 Faktor Pemicu Kemajuan Sains Dan Teknologi Peradaban Islam." Republika.co.id, 2017. https://republika.co.id/berita/dunia-Islam/Islam-digest/17/01/24/ok99r1313-7-faktor-pemicu-kemajuan-sains-dan-teknologi-peradaban-Islam.
- Budaiwi, Ahmad Ali. Imbalan Dan Hukuman Pengaruhnya Bagi Pendidikan Anak. Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
- Gustina. "Motivasi Belajar Anak-Anak Nelayan Di Madrasah Aliyah." Ta'dib 16, no. 2 (2016): 160-67. https://doi.org/10.31958/jt.v16i2.248.
- Hasan, Nur. "Kejayaan Dan Kemunduran Sains Dalam Islam." Alif.id, 2019. https://alif.id/read/nur-hasan/kejayaan-dan-kemunduran-sains-dalam-dunia-Islam-b221985p/.
- Huda, Khoirul. "Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam." Jurnal Dinamika Penelitian 16, no. 2 (December 2, 2016): 309-36. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/view/215. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336
- Kelaspintar.id. "Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Indonesia." Kelaspintar.id, 2020. https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/pengaruh-kemajuan-iptek-terhadap-Indonesia-4425/.
- Langa, Claudiu. "Rewards and Punishments Role in Teacher-Student Relationship from the Mentor's Perspective." Acta Didactica Napocensia 7, no. 4 (2014): 7-12.
- Li, Raymond, and Tina Wong. "Teaching Them before We Teach: The Effectiveness of Conducting Classroom Experiments before Teaching the Underlying Theory." IAFOR Journal of Education 6, no. 3 (2018): 79-92. https://doi.org/10.22492/ije.6.3.05.
- Logar, Ana, Cirila Peklaj, and Vesna Ferk Savec. "Effectiveness of Student Learning during Experimental Work in Primary School." Acta Chimica Slovenica 64, no. 3 (2017): 661-71. https://doi.org/10.17344/acsi.2017.3544.
- Ma'rufi, Amar, Yusuf Suryana, and Heri Yusuf Muslihin. "Hubungan Sikap Berani Dengan Kepercayaan Diri Pada Kegiatan Senam Irama." PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 3 (2018): 287-96.
- Mas'ud, Abdurrahaman. Menuju Paradigma Islam Humanis. Yogyakarta: Gama Media, 2003.
- Mas'ud, Abdurrahman. Antologi Studi Agama Dan Pendidikan. Semarang: Aneka Ilmu, 2013.
- Mas'ud, Abdurrahman. Mendakwahkan Smiling Islam: Dialog Kemanusiaan Islam Dan Barat. Tangerang: Pustaka Compass, 2019.
- ---. Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik. Yogyakarta: Gama Media, 2002.
- Maskur, Muhammad. "Eksistensi Dan Esensi Pendidikan Madrasah Di Indonesia." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4, no. 1 (2017). https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1807.
- Mighfar, Shokhibul. "Menggagas Pendidikan Humanis Religius : Belajar Dari Model Pendidikan Pesantren." JPII (Jurnal Pendidikan Islam Indonesia) 2, no. 2 (2018): 159-80. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.69.
- Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
- Nafis, Muhammad Muntahibun. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2011.
- Nasution, Toni. "Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter." IJTIMAIYAH 2, no. 1 (2018): 1-18. https://doi.org/10.24042/kons.v1i1.308
- Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Universitas Gajah Mada Press, 1985.
- Nurjanah, Ida. "Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam: Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas'ud." MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah 3, no. 1 (2018): 155-70. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.155.
- Prasetyo, Sony. "Sains, Teknologi Dan Masa Depan Pembangunan Peradaban." militanIndonesia.org, 2013. https://www.militanIndonesia.org/teori-4/iptek/8468-sains-teknologi-dan-masa-depan-pembangunan-peradaban.html.
- Prihantoro, Hijrian A. "Islam Nusantara Dan Filsafat Orientasi Bangsa; Dialektika Modernitas Beragama Dalam Negara Berbudaya." Millah 16, no. 2 (2017): 203-34. https://doi.org/10.20885/millah.vol16.iss2.art3.
- Rahman, Akfa Syaufika, Siti Nurjannah, and Intan Rahma Utami. "Dampak Maraknya Kekerasan Antarpelajar Terhadap Motivasi Belajar." Jurnal Program Kreativitas Mahasiswa 2, no. 2 (2018): 63-69. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v2i2.207
- Ramadan, Sahri. "Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa." Kompasiana.com, 2020. https://www.kompasiana.com/sahriramadan/56e805ebd59273b212e2bd9e/pengaruh-game-online-terhadap-prestasi-belajar-siswa?page=all. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7840
- Rogers, Carl. On Becoming a Person (Terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
- Sarjiyati. "Membangun Percaya Diri Dalam Diri Siswa." Radarkudus.jawapos.com, 2019. https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/03/15/125253/membangun-percaya-diri-dalam-diri-siswa.
- Tim, CNN Indonesia. "Mengapa Islam Seolah 'tertinggal' Dalam Pengembangan Iptek?" CNN Indonesia, 2020. https://www.cnnIndonesia.com/gaya-hidup/20200424165738-289-497056/mengapa-Islam-seolah-tertinggal-dalam-pengembangan-iptek.
- Triningtyas, Diana Ariswanti. "Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual." Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3, no. 1 (2013): 1-12. https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239.
- Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). 2nd ed. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 (2003).
- Yusep, Wisnu. "Tawuran Pelajar Di Bekasi, Satu Pelajar Tewas Ditabrak Motor Lalu Dibacok Berkali-Kali." Okezone, 2020. https://megapolitan.okezone.com/read/2020/07/23/338/2251089/tawuran-pelajar-di-bekasi-satu-pelajar-tewas-ditabrak-motor-lalu-dibacok-berkali-kali.
- Zydziunaite, Vilma, Margarita Tereseviciene, and Genutė Gedvilienė. "The Structure of Independent Learning in Higher Education: Students' Attitude." In Proceeding of the International Scientifical Conference, 1:336-334, 2014. https://doi.org/10.17770/sie2014vol1.774.
References
Abdurakhman, Hasanudin. "Menghafal Itu Bukan Belajar." Kompas.com. Accessed August 20, 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2016/12/14/15245261/menghafal.itu.bukan.belajar?page=all.
Achmadi. Islam Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.
Aminullah, Aam. "Sederet Kasus Tawuran Antar-Pelajar Di Tengah Pandemi Corona." Kompas.com, 2020. https://regional.kompas.com/read/2020/03/28/12252161/sederet-kasus-tawuran-antar-pelajar-di-tengah-pandemi-corona?page=all.
Antaranews.com. "Dua Remaja Tewas Akibat Tawuran Di Matraman." Antaranews.com, 2020. https://www.antaranews.com/berita/1675558/dua-remaja-tewas-akibat-tawuran-di-matraman.
Arifin, Zainul. "Nilai Pendidikan Humanis-Religius." An-Nuha 1, no. 2 (2014): 53-80.
Assidiq, Yusuf, and Agung Sasongko. "7 Faktor Pemicu Kemajuan Sains Dan Teknologi Peradaban Islam." Republika.co.id, 2017. https://republika.co.id/berita/dunia-Islam/Islam-digest/17/01/24/ok99r1313-7-faktor-pemicu-kemajuan-sains-dan-teknologi-peradaban-Islam.
Budaiwi, Ahmad Ali. Imbalan Dan Hukuman Pengaruhnya Bagi Pendidikan Anak. Jakarta: Gema Insani Press, 2002.
Gustina. "Motivasi Belajar Anak-Anak Nelayan Di Madrasah Aliyah." Ta'dib 16, no. 2 (2016): 160-67. https://doi.org/10.31958/jt.v16i2.248.
Hasan, Nur. "Kejayaan Dan Kemunduran Sains Dalam Islam." Alif.id, 2019. https://alif.id/read/nur-hasan/kejayaan-dan-kemunduran-sains-dalam-dunia-Islam-b221985p/.
Huda, Khoirul. "Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam." Jurnal Dinamika Penelitian 16, no. 2 (December 2, 2016): 309-36. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/view/215. https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.309-336
Kelaspintar.id. "Pengaruh Kemajuan Iptek Terhadap Indonesia." Kelaspintar.id, 2020. https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/pengaruh-kemajuan-iptek-terhadap-Indonesia-4425/.
Langa, Claudiu. "Rewards and Punishments Role in Teacher-Student Relationship from the Mentor's Perspective." Acta Didactica Napocensia 7, no. 4 (2014): 7-12.
Li, Raymond, and Tina Wong. "Teaching Them before We Teach: The Effectiveness of Conducting Classroom Experiments before Teaching the Underlying Theory." IAFOR Journal of Education 6, no. 3 (2018): 79-92. https://doi.org/10.22492/ije.6.3.05.
Logar, Ana, Cirila Peklaj, and Vesna Ferk Savec. "Effectiveness of Student Learning during Experimental Work in Primary School." Acta Chimica Slovenica 64, no. 3 (2017): 661-71. https://doi.org/10.17344/acsi.2017.3544.
Ma'rufi, Amar, Yusuf Suryana, and Heri Yusuf Muslihin. "Hubungan Sikap Berani Dengan Kepercayaan Diri Pada Kegiatan Senam Irama." PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 3 (2018): 287-96.
Mas'ud, Abdurrahaman. Menuju Paradigma Islam Humanis. Yogyakarta: Gama Media, 2003.
Mas'ud, Abdurrahman. Antologi Studi Agama Dan Pendidikan. Semarang: Aneka Ilmu, 2013.
Mas'ud, Abdurrahman. Mendakwahkan Smiling Islam: Dialog Kemanusiaan Islam Dan Barat. Tangerang: Pustaka Compass, 2019.
---. Menggagas Format Pendidikan Non Dikotomik. Yogyakarta: Gama Media, 2002.
Maskur, Muhammad. "Eksistensi Dan Esensi Pendidikan Madrasah Di Indonesia." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4, no. 1 (2017). https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1807.
Mighfar, Shokhibul. "Menggagas Pendidikan Humanis Religius : Belajar Dari Model Pendidikan Pesantren." JPII (Jurnal Pendidikan Islam Indonesia) 2, no. 2 (2018): 159-80. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.69.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.
Nafis, Muhammad Muntahibun. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2011.
Nasution, Toni. "Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter." IJTIMAIYAH 2, no. 1 (2018): 1-18. https://doi.org/10.24042/kons.v1i1.308
Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Universitas Gajah Mada Press, 1985.
Nurjanah, Ida. "Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam: Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas'ud." MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah 3, no. 1 (2018): 155-70. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.155.
Prasetyo, Sony. "Sains, Teknologi Dan Masa Depan Pembangunan Peradaban." militanIndonesia.org, 2013. https://www.militanIndonesia.org/teori-4/iptek/8468-sains-teknologi-dan-masa-depan-pembangunan-peradaban.html.
Prihantoro, Hijrian A. "Islam Nusantara Dan Filsafat Orientasi Bangsa; Dialektika Modernitas Beragama Dalam Negara Berbudaya." Millah 16, no. 2 (2017): 203-34. https://doi.org/10.20885/millah.vol16.iss2.art3.
Rahman, Akfa Syaufika, Siti Nurjannah, and Intan Rahma Utami. "Dampak Maraknya Kekerasan Antarpelajar Terhadap Motivasi Belajar." Jurnal Program Kreativitas Mahasiswa 2, no. 2 (2018): 63-69. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v2i2.207
Ramadan, Sahri. "Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa." Kompasiana.com, 2020. https://www.kompasiana.com/sahriramadan/56e805ebd59273b212e2bd9e/pengaruh-game-online-terhadap-prestasi-belajar-siswa?page=all. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7840
Rogers, Carl. On Becoming a Person (Terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Sarjiyati. "Membangun Percaya Diri Dalam Diri Siswa." Radarkudus.jawapos.com, 2019. https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/03/15/125253/membangun-percaya-diri-dalam-diri-siswa.
Tim, CNN Indonesia. "Mengapa Islam Seolah 'tertinggal' Dalam Pengembangan Iptek?" CNN Indonesia, 2020. https://www.cnnIndonesia.com/gaya-hidup/20200424165738-289-497056/mengapa-Islam-seolah-tertinggal-dalam-pengembangan-iptek.
Triningtyas, Diana Ariswanti. "Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual." Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3, no. 1 (2013): 1-12. https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239.
Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). 2nd ed. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 (2003).
Yusep, Wisnu. "Tawuran Pelajar Di Bekasi, Satu Pelajar Tewas Ditabrak Motor Lalu Dibacok Berkali-Kali." Okezone, 2020. https://megapolitan.okezone.com/read/2020/07/23/338/2251089/tawuran-pelajar-di-bekasi-satu-pelajar-tewas-ditabrak-motor-lalu-dibacok-berkali-kali.
Zydziunaite, Vilma, Margarita Tereseviciene, and Genutė Gedvilienė. "The Structure of Independent Learning in Higher Education: Students' Attitude." In Proceeding of the International Scientifical Conference, 1:336-334, 2014. https://doi.org/10.17770/sie2014vol1.774.