Main Article Content

Abstract

Salah satu dari komponen pembelajaran adalah kurikulum yang mendukung keberhasilan aktivitas pembelajaran. Kurikulum memiliki peranan yang penting karena bagian ini mengatur proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai dengan evluasi. Oleh karena pentingnya peranan kurikulum, agar lembaga pendidikan mengakomodir tuntutan perubahan sosial, maka harus selalu dikembangkan muatanya. Dalm dunia pendidikan Islam, perkembangan saat ini menunjukkan bahwa banyak pondok pesantren yang ketat menjaga tradisi dari generasi ke generasi tanpa merubah dan mengembangkan dan yang terjadi mereka hanya dapat bertahan. Tetapi ada juga pondok pesantren yang berupaya merancang cara tersendiri dengan harapan hasilnya lebih baik dalam waktu singkat. Jenis dari pondok pesantren ini merancang kurikulum berdasarkan kebutuhan pelajar secara umum di tengah-tengah masyarakat. Apapun motifnya hal tersebut merupakan dinamika dari lembaga pendidikan pondok pesantren yang berpengaruh besar kendatipun kadangkala tertinggal dalam hal teknologi. Perlu ditelaah tentang aktualitas kurikulum pondok-pondok pesantren pada saat ini sehingga eksistensi akan terus terjaga sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan manusia pada umumnya.

Article Details

How to Cite
Sutarjo, S. (2011). واقع المنهج التعليمي للمعهد الإسلامي فى ضوء أهدف التربية الإسلامية. Millah: Journal of Religious Studies, 11(1), 135–152. https://doi.org/10.20885/millah.vol11.iss1.art6