Main Article Content

Abstract

Praktik ekonomi Islam di Indonesia yang semakin meluas menimbulkan tantangan baru berupa penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten. Ikhtiar menjawab hal tersebut, di antaranya pendirian lembaga pendidikan ekonomi Islam. Dalam konteks itu, Universitas Islam Indonesia mendirikan prodi Ekonomi Islam tahun 2003. Prodi ini mengalami trend penurunan minat calon mahasiswa pada awal berdiri hingga 2006, terus berbalik mengalami kenaikan peminat yang sangat signifikan sejak 2007 hingga 2014. Kenaikan signifikan tersebut menarik untuk diteliti, apa faktor penentu kenaikannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi calon mahasiswa memilih kuliah di Prodi ekonomi Islam FIAI UII tahun 2011-2014. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variable variable biaya pendidikan 25.41390, variable fasilitas pendidikan 24.48315, variable citra kampus dan nama besar UII 14.28829, variable peluang kerja 22.21724, variable dorongan orang tua dan informasi dari brosur 26.81530, berpengaruh secara signifikan terhadap minat mahasiswa memilih jurusan ekonomi Islam FIAI UII. Sedangkan secara simultan, disimpulkan 98% mahasiswa memilih kuliah di Prodi Ekonomi Islam dipengaruhi oleh variable-variable di atas dan 2% lainya dipengaruhi oleh variable yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Kholis, N., & Kartika, M. (2016). FACTORS INFLUENCED PEOPLE IN CHOOSING UNIVERSITY: A LESSON FROM ISLAMIC ECONOMICS DEPARTMENT UII. Millah: Journal of Religious Studies, 15(1), 51–72. https://doi.org/10.20885/millah.vol15.iss1.art3