Main Article Content
Abstract
Abstract
Melalui pembelajaran kooperatif model make a match dengan tehnik perpaduan perangkat multimedia peserta didik mampu membangun sendiri pengetahuan, menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dikuasai oleh peserta didik, baik secara individu maupun berpasangan dengan kelompok. Dengan demikian maka penelitian tindakan kelas ini diperoleh simpulan sebagai berikut; 1) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan model make a match dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi akhlak tercela, dengan hasil nilai pengamatan 86,21 % (kategori sangat menarik). 2) Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, sebagaimana terlihat dalam perolehan nilai hasil belajar rata-rata kelas pada siklus I adalah 79,50, merupakan hasil pembelajaran di atas KKM, akan tetapi masih ada yang belum mencapai KKM sejumlah 10 peserta didik (33,33%). Sedangkan perolehan nilai hasil belajar rata-rata kelas pada siklus II adalah sebesar 84,31, dan seluruh peserta didik telah mencapai KKM (100,00%).Article Details
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution (CC-BY-SA) 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
How to Cite
choiril, imam. (2020). Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Materi Akhlak Tercela Menggunakan Model Make a Match. El-Tarbawi, 12(1). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol12.iss1.art1