Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Materi Akhlak Tercela Menggunakan Model Make a Match

imam choiril

Abstract

Abstract

Melalui pembelajaran kooperatif model make a match dengan tehnik perpaduan perangkat multimedia peserta didik mampu membangun sendiri pengetahuan, menemukan langkah-langkah  dalam mencari  penyelesaian  dari suatu materi yang harus dikuasai oleh peserta didik, baik secara individu maupun berpasangan dengan kelompok.  Dengan demikian maka penelitian tindakan kelas ini diperoleh simpulan sebagai berikut; 1) Penerapan  pembelajaran kooperatif  dengan model make a match dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi akhlak tercela, dengan hasil nilai pengamatan 86,21 % (kategori sangat menarik). 2) Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, sebagaimana terlihat dalam perolehan nilai hasil belajar rata-rata kelas  pada siklus I adalah  79,50, merupakan hasil pembelajaran di atas KKM, akan tetapi masih ada yang belum mencapai KKM sejumlah 10 peserta didik (33,33%). Sedangkan perolehan nilai hasil belajar rata-rata kelas pada siklus II adalah sebesar 84,31, dan seluruh peserta didik telah mencapai KKM (100,00%).

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2020 EL TARBAWI



el-Tarbawi P-ISSN: 1979-9985 E-ISSN: 2714-5492 published by The Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Indonesia. 

Creative Commons License
el-Tarbawi :https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License