Vol.. 17, No. 1 (2024)
Jurnal El-Tarbawi
Published: September 19, 2024
Vol.. 16, No. 2 (2023)
Jurnal El-Tarbawi
Published: December 31, 2023
Vol.. 16, No. 1 (2023)
Jurnal El-Tarbawi
Published: June 20, 2023
Vol.. 15, No. 2 (2022)
Jurnal El-Tarbawi
Published: December 29, 2022
Vol.. 15, No. 1 (2022)
Jurnal El-Tarbawi
Published: June 30, 2022
Vol.. 14, No. 2 (2021)
Jurnal El-Tarbawi
Published: December 31, 2021
Vol.. 14, No. 1 (2021)
Jurnal El-Tarbawi
Published: September 9, 2021
Vol.. 13, No. 2 (2020)
Jurnal El-Tarbawi
Published: June 12, 2021
Vol.. 13, No. 1 (2020)
Jurnal El-Tarbawi
Published: June 7, 2021
Vol.. 12, No. 2 (2019)
Jurnal El-Tarbawi
Published: January 29, 2021
Vol.. 12, No. 1 (2019)
Jurnal El-Tarbawi
Published: October 19, 2020
Vol.. 11, No. 2 (2018)
Jurnal El-Tarbawi
Published: February 7, 2019
Vol.. 11, No. 1 (2018)
Jurnal El-Tarbawi
Published: February 26, 2020
Vol.. 10, No. 2 (2017)
Jurnal El-Tarbawi
Published: January 7, 2019
Vol.. 10, No. 1 (2017)
Jurnal El-Tarbawi
Published: January 6, 2019
Vol.. 8, No. 2 (2015)
Jurnal El-Tarbawi
Published: July 18, 2016
Vol.. 8, No. 1 (2015)
Jurnal El-Tarbawi
Published: January 29, 2016
Vol.. 8, No. 1 (2014)
Jurnal El-Tarbawi
Published: January 30, 2016
Vol.. 4, No. 1 (2011)
Jurnal El-Tarbawi
Published: July 1, 2011
Vol.. 1, No. 2 (2008)
Jurnal El-Tarbawi
Published: December 31, 2008
Vol.. 1, No. 1 (2008)
Jurnal El-Tarbawi
Published: July 1, 2008
Volume VIII Th VIII Desember 2005 Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi Guru
Published: August 3, 2016
JPI Volume VII Th VIII Juni 2005 Sertifikasi Kompetensi Guru
Published: August 3, 2016
JPI Volume IX Tahun VI Desember 2003 Pendidikan Agama Di Sekolah
Jurnal Pendidikan Islam (JPI), kini hadir kembali di tengah pembaca, dengan tema pokok Pendidikan Agama di Sekolah. Tercetusnya tema ini dalam rapat penyunting, lebih di sebabkan oleh dinamika pelaksanaan pendidikan agama, terutama Islam, di sekolah. Penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah (yang tidak bercirikan agama), sesungguhnya telah diselenggarakan secara efektif sejak awal 1970-an, mulai pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Hingga tahun 2000-an, telah dilaksanakan dengan lebih baik di banding tahun-tahun sebelumnya, setelah melalui penyempurnaan secara terus menerus, baik kurikulum, metode, dan juga peningkatan kualitas guru. Salah satu yang belum terpenuhi sebagaimana yang diharapkan adalah pendidikan agama Islam bagi siswa yang bersekolah pada satuan pendidikan swasta yang bercirikan agama tertentu, terutama Kristen dan Katolik. SKB Menteri yang pernah dikeluarkan pada tahun 1999, bahkan juga tidak mampu menembus "tembok" yayasan ini untuk bersedia memenuhi tuntutan masyarakat agar memberikan pelajaran agama Islam bagi siswa yang beragama Islam yang menuntut ilmu peda satuan pendidikan ini. Namun setelah itu, sekalipun diawali dengan pro-kontra (yang kontra umumnya dari kalangan Kristen-Katolik), kini penetapan keharusan mendapat pendidikan agama yang sesuai dengan agamanya dan diajarkan oleh guru seagama, telah ditetapkan dengan Undang-Undang. UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas adalah pembuka jalan untuk memberikan pendidikan agama bagi seluruh anak didik di semua satuan pendidikan, baik negeri maupun swasta. Sekalipun hingga kini PP sebagai penjelas dalam pelaksanaan UU tersebut belum dikeluarkan pemerintah, seluruh instansi dan pihak yang berkompeten terhadap penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah memang perlu berbenah diri untuk menyambut pelaksanaannya. Persiapan yang harus dipenuhi adalah melengkapi sarana-prasarana dan kesiapan SDM yaitu tenaga guru yang profesional. Pengertian ini mencakup aspek kedisiplinan, dapat menjadi contoh, berkualitas, memenuhi unsur kompetensi, ber- tanggungjawab dan lain sebagainya. Hal ini agar UU yang dilahirkan karena merespon tuntutan dan kebutuhan umat beragama itu, dapat memberi arti yang sesungguhnya, JPI FIAI Jurusan Tarbiyah Volume IX Tahun VI Desember 2003 ini bahwa kewajiban pelaksanaan pendidikan agama di seluruh satuan pendidikan di Indonesia bukanlah sekadar pelengkap. Oleh karenanya, dalam JPI kali ini disajikan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti sosok guru yang Ideal dan profesional, kurikulum yang standart, dan metodologi pembelajaran. Sasarannya, sebagai masukan bagi segenap pihak yang bergerak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, terutama dalam merespon UU nomor 20 tahun 2003, agar dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal. Â
Published: August 3, 2016
JPI VOLUME VIII TH VI JUNI 2003 PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM
Published: July 14, 2016