Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Efektivitas sistem tutoring pada pembelajaran PAI akhlak terpuji menghargai karya orang lain maksud dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran dengan sistem tutoring pada mata pelajaran PAI akhlak terpuji menghargai karya orang lain  efektif atau tidak, dalam meningkatkan motivasi, perhatian dan prestasi belajar siswa kelas II SMK Negeri 2 Pengasih.

Penulis berpendapat bahwa untuk memotivasi dan menghidupkan suasana kelas, perilaku menghargai karya orang lain perlu ditingkatkan melalui metode yang tepat dalam proses pembelajaran Sebagai alternatif pembelajaran Sistem Tutoring dimungkinkan bisa menjadi media agar minat dan perhatian siswa terhadap pembelajaran PAI akhlak terpuji menghargai karya orang lain  lebih meningkat sehingga pembelajaran itu akan lebih menarik serta menyenangkan

Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut “Bagamana efektivitas penerapan sistem tutoring dalam pembelajaran PAI  akhlak terpuji menghargai karya orang lain ?

Metode yang penulis gunakan untuk pengumpulan data diantaranya, observasi, interview, percobaan metode mengajar dengan sistem tutoring,hasil dari pre tes dan post tes.Sementara dalam menganalisa hasil penelitian penulis menggunakan analisa data statistik kualitatif dan deskriptif dari model tabel lembar penilaian observasi,hasil nilai pre tes dan post tes.

Kata Kunci: Pembelajaran, Akhlak,Efektivitas Sistem Tutoring

Article Details