Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Islam

Djuwarijah Djuwarijah

Abstract

Pendidikan merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungannya termasuk lingkungan alam dan lingkungan manusi. Di dalam intearksi tersebut manusia bukan hanya hasil interaksi dengan alamnya dan dengan sesama manusia, melainkan hasil pegembangan potensi manusia secara optimal sesuai dengan fitrahnya. Dengan adanya kecenderungan pemanfaatan pendidikan Islam yang berbasis pada masyarakat (community based on education management), maka terdapat  suatu ruangan yang terbuka bagi pengembangan inovasi dan kreativitas. Pendidikan Islam diharapkan dapat lebih berkembang sehingga lembaga pendidikan Islam memiliki daya tarik tersediri, karena lebih berdimensi keluar dan global. Proses peningakatan kualitas sumber daya manusia memerlukan berbagai prasyarat di dalam pelaksanaannya, antara lain lingkungan kehidupan manusia hendaknya memberikan kesempatan kepada perkembangan peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensi yang ada padanya. Pendidikan Islam, dalam pertumbuhan spiritual dan moral akan mampu menolong individu menguatkan iman, akidah, dan pengenalan terhadap Allah SWT, melalui hukum, moral dan ajaran agama, dengan demikian peserta didik dalam melaksnakan tuntunan iman kepada Allah SWT dan pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama dan nilainya dalam kehidupan pada tingkah lakunya, dan hubungannya dengan Allah SWT dengan sesama manusia dan seluruh makhluk, akan mempertegas pentingnya pendidikan akhlak dan spiritualitas dalam menyongsong globalisasi.

Kata kunci: kuallitas SDM, pendidikan islam, pendidikan agama Islam.

Full Text:

PDF


Copyright (c)



el-Tarbawi P-ISSN: 1979-9985 E-ISSN: 2714-5492 published by The Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Indonesia. 

Creative Commons License
el-Tarbawi :https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License