Pendidikan Multikultural: Upaya Meminimalisir Konflik dalam Era Pluralitas Agama

Ruslan Ibrahim

Abstract

Problem utama kehidupan dalam era pluralitas agama adalah terjadinya Konfli, baik antar individu maupun kelompok. Konflik bisa disebut sebagai entitas yang abadi dalam setiap perbedaan. Karena itu, menghilangkannya semasih ada perbedaan adalah “mustahilâ€, tetapi yang bisa dilakukan adalah meminimalisir. Strateginya adalah penerapan pendidikan multikultural dalam kurikulum, selain adanya kesepakatan dialog dari kalangan yang berbeda. Namun, perlu ditegaskan bahwa sesuai dengan peran dan fungsi pokok pendidikan sebagai transfer nilai dan pengetahuan (transfer of values and knowledge), maka pendidikan multikultural memiliki cita-cita ideal, yaitu terwujudnya perdamaian, keadilan, dan persaudaraan sosial, anti konflik, kekerasan, dan diskriminatif.
 
Kata Kunci: Pluralitas Agama, Multikultural, Konflik, dan Pendidikan Multikultural.

Full Text:

PDF


Copyright (c)



el-Tarbawi P-ISSN: 1979-9985 E-ISSN: 2714-5492 published by The Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Indonesia. 

Creative Commons License
el-Tarbawi :https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License