Implementasi Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji dalam Upaya Pembinaan Keagamaan di Desa Banjar Lopak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi

Handal Pratama Putra

Abstract

Meningkatkan kesadaran masyarkat revitalisasi tradisi membaca A-Qur’an melalui Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji sehingga dapat membentuk generasi Qur’ani dan membangun akhlak serta membentengi diri dari pengaruh buruk dari penggunaan gadget. Pada penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. lokasi penelitian yaitu di Desa Banjar Lopak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Dalam penelitian ini teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan 3 teknik yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data penulis menggunakan triangulasi, yaitu teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembinaan keagamaan melalui Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji sudah terlaksana dengan baik dengan terdapat kegiatan pengajaran Al Quran, praktek ibadah dan pelatihan public speaking. Sasaran gerakan ini untuk keluarga muslim dari anak-anak sampai dewasa, namun dalam pelaksanaannya hanya dikuti oleh anak-anak. Kendala yang dihadapi oleh pengajar adalah terdapat sejumlah anak yang sulit diatur dalam proses kegiatan pengajaran. Dapat dikatakan pelaksanaan gerakan maghrib mengaji di Desa Banjar Lopak sudah terlaksana dan terus melakukan inovasi kegiatan dari waktu ke waktu. Namun perlu diadakannya evaluasi kegiatan agar dapat mengukur keberhasilan prpgram tersebut.

Kata Kunci : Gerakan, Maghrib Mengaji, Pembinaan Keagamaan

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2021 EL TARBAWI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

el-Tarbawi P-ISSN: 1979-9985 E-ISSN: 2714-5492 published by The Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Indonesia. 

Creative Commons License
el-Tarbawi :https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License