Main Article Content

Abstract

Tulisan ini dimaksudkan untuk mengungkap persoalan inti yang ada di madrasah sebagai akar penghambat dalam peningkatan mutu madrasah. Hasil kajian menunjukkan bahwa madrasah dihadapakan pada posisi yang dilematis sebagai lembaga pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan semestinya madarasah diberikan kewenangan yang luas dalam pengelolaan madrasah, terlebih saat ini adalah era otonomi daerah. Pada era otonomi saat ini salah satu konsep yang dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan Manajemen berbasis sekolah. MBS merupakan strategi untuk mewujudkan sekolah menjadi lebih bermutu dengan memberikan wewenang yang luas kepada madrasah. Walaupun madrasah berada di bawah naungan Departemen Agama, konsep MBS tetap dapat diimplementasikan berdasaran atas kesesuaian MBS sebagai strategi mengatasi masalah madrasah. Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam.

Article Details