PEMIKIRAN DAN GERAKAN MUSLIM PROGRESIF

Yusdani Yusdani

Abstract

Pembahasan pokok artikel berikut ini adalah menjelaskan pandangan Islam Progresif yang berpendirian bahwa urgensi dalam konteks Islam dewasa ini termasuk di Indonesia untuk merumuskan seperangkat nilai-nilai Islam yang dapat menjadi referensi alternatif dan solutif bagi terciptanya masyarakat berkeadilan yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu rumusan pemikiran dan gerakan Islam alternatif yang segar untuk dikembangkan dalam konteks kehidupan manusia yang sesuai dengan etika global seperti demokrasi, pluralisme, HAM dan keadilan sejati kemanusiaan. Karena itu, pengembangan pemikiran dan gerakan Islam sekarang ini dalam pandangan Islam Progresif perlu mangakomodasi nilai-nilai kesetaraan, keadilan, kemanusiaan. Dengan demikian, kedudukan semua warga negara setara dan memperoleh perlakuan yang adil, terutama jaminan kebebasan berkeyakinan, kaum minoritas, baik minoritas dalam segi agama, ekonomi, etnis dan lain-lain dilindungi dan dijamin hak-haknya secara setara dan adil. Jawaban Islam terhadap berbagai persoalan kemanusiaan dewasa ini dalam pandangan Islam Progresif perlu didasarkan dan penggalian khazanah keislaman itu sendiri dengan mempergunakan context-based ijtihad (progressive ijtihadist) yang bertitik-tolak dari nilai-nilai dasar Islam yang esensial (maqasid syari’ah).

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2016 El Tarbawi



el-Tarbawi P-ISSN: 1979-9985 E-ISSN: 2714-5492 published by The Department of Islamic Education, Faculty of Islamic Studies, Universitas Islam Indonesia. 

Creative Commons License
el-Tarbawi :https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License