Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi CSR CV. Futake Indonesia dalam pemberdayaan UMKM melalui community based dalam UMKM Klaten. Penelitian ini juga meninjau implementasi CSR di CV. Futake Indonesia melalui perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini anggota komunitas UMKM Klaten dan CV. Futake Indonesia. Sumber data berupa data primer dengan metode wawancara dari 2 sisi, yakni CV. Futake Indonesia selalu pelaksana CSR, dan anggota UMKM Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang dilakukan CV. Futake Indonesia berfokus pada pemberian dana bantuan dan pemberdayaan UMKM. Sumber dana CSR berasal dari 10% keuntungan perusahaan. Implementasi program CSR CV. Futake Indonesia tersalurkan dengan baik. Bagi anggota UMKM Klaten diberikan pelatihan dan sosialisasi mengenai pengembangan usaha. Ditinjau dari prinsip etika bisnis Islam, program CSR telah sesuai dengan prinsip kesatuan (tauhid), keseimbangan (equilibrium), kebebasan (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kebenaran (ihsan).

Keywords

corporate social responsibility pemberdayaan UMKM etika bisnis Islam

Article Details

How to Cite
Dhaifullah, M. N. M., & Shohiha, A. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan UMKM pada CV. Futake Indonesia Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 148–159. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/29999

References

Read More