Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi CSR CV. Futake Indonesia dalam pemberdayaan UMKM melalui community based dalam UMKM Klaten. Penelitian ini juga meninjau implementasi CSR di CV. Futake Indonesia melalui perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini anggota komunitas UMKM Klaten dan CV. Futake Indonesia. Sumber data berupa data primer dengan metode wawancara dari 2 sisi, yakni CV. Futake Indonesia selalu pelaksana CSR, dan anggota UMKM Klaten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR yang dilakukan CV. Futake Indonesia berfokus pada pemberian dana bantuan dan pemberdayaan UMKM. Sumber dana CSR berasal dari 10% keuntungan perusahaan. Implementasi program CSR CV. Futake Indonesia tersalurkan dengan baik. Bagi anggota UMKM Klaten diberikan pelatihan dan sosialisasi mengenai pengembangan usaha. Ditinjau dari prinsip etika bisnis Islam, program CSR telah sesuai dengan prinsip kesatuan (tauhid), keseimbangan (equilibrium), kebebasan (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kebenaran (ihsan).

Keywords

corporate social responsibility pemberdayaan UMKM etika bisnis Islam corporate social responsibility pemberdayaan UMKM etika bisnis Islam

Article Details

How to Cite
Dhaifullah, M. N. M., & Shohiha, A. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan UMKM pada CV. Futake Indonesia Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(3), 148–159. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/29999

References

  1. Ahmad Masum, H. H. (2020, January). Corporate Social Responsibility and its Effect on Community Development: An Overview. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 22(1), 35-40.
  2. Ansu-Mensah, P., Marfo, E. O., Awuah, L. S., & Amoako, K. O. (2021). Corporate social responsibility and Stakeholder Engagement in Ghana's Mining Sector: A Case Study of Newmont Ahafo Mines. . International Journal of Corporate Social Responsibility, 1-22.
  3. Amin, A., Pagalung, G. dan Kara, M.H. (2022) “Kecurangan : Antara Ketaatan Syariah dan Tata Kelola,” JIMEA : Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi), 6(1), hal. 390–403. Tersedia pada: https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1799.
  4. Ansu-Mensah, P. et al. (2021) “Corporate social responsibility and stakeholder engagement in Ghana’s mining sector: a case study of Newmont Ahafo mines,” International Journal of Corporate Social Responsibility, 6(1), hal. 1–22. Tersedia pada: https://doi.org/10.1186/s40991-020-00054-2.
  5. Arfiansyah, A. (2020) “Tinjauan Etika Bisnis Islam dalam Corporate Social Responsibility PT. Garudafood Kabupaten Pati,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), hal. 654–664. Tersedia pada: https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1411.
  6. Bahri, A., Mulbar, U. dan Suliana, A. (2019) “Study On Makassar City Empowerment Of Msmes As An Efforts To Increase The Welfare Of Business Actors,” Jurnal Inovasi Dan Pelayanan Publik Makassar, 1(1), hal. 37–53.
  7. Bakhri, S., Leliya dan Purnama, L. (2018) “Tinjauan Etika Bisnis Islam dalam Strategi Pemasaran Home Industri Tahu Sari Rasa,” Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 3(2), hal. 285–299. Tersedia pada: http://repository.syekhnurjati.ac.id/3952/1/Tinjauan Etika Bisnis Islam....pdf.
  8. Disemadi, H.S. dan Prananingtyas, P. (2020) “Kebijakan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Strategi Hukum dalam Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia,” Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), hal. 1–16. Tersedia pada: https://doi.org/10.25072/jwy.v4i1.328.
  9. Futake Indonesia (2023) Tentang Kami: Perusahaan Pengecoran Logam, Futake Indonesia. Tersedia pada: https://futake.co.id/about/ (Diakses: 5 Agustus 2023).
  10. Hanic, A. dan Smolo, E. (2023) “Islamic approach to corporate social responsibility: an international model for Islamic banks,” International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 16(1), hal. 175–191. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/IMEFM-07-2021-0284.
  11. Masum, A., Aziz, H.H.H.A.A. dan Ahmad, M.H. (2020) “Corporate Social Responsibility and its Effect on Community Development: An Overview,” IOSR Journal of Business and Management, 22(1), hal. 35–40. Tersedia pada: https://www.iosrjournals.org/iosr-jbm/papers/Vol22-issue1/Series-5/E2201053540.pdf.
  12. Mayasari, S. (2020) “Implementasi Corporate Social Responsibility PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dalam Penanganan Wabah Virus Corona di Indonesia,” Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 5(4), hal. 268–282. Tersedia pada: http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1323.
  13. Naseem, M.A. et al. (2017) “Impact of Board Characteristics on CSR Disclosure,” The Journal of Applied Business Research, 33(4), hal. 801–810.
  14. Nurjanah, A. dan Yulianti, F. (2018) “Motif Pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility Perusahaan (Studi Kasus: CSR PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant dan CSR Delegation Europian Union to Malaysia),” Channel: Jurnal Komunikasi, 6(2), hal. 139–150. Tersedia pada: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/819328.
  15. Rahmat, B.Z. (2017) “Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Etika Bisnis Islam,” Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), hal. 98–113. Tersedia pada: https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2099.
  16. Retnaningsih, H. (2015) “Permasalahan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat,” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), hal. 177–188. Tersedia pada: https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/512.
  17. Santoso, P.Y. dan Larasati, A. (2020) “Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Mempertahankan Keberlanjutan Operasional Perusahaan,” Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(2), hal. 241–250. Tersedia pada: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/1127.
  18. Sardana, D. et al. (2020) “CSR ‘sustainability’ practices and firm performance in an emerging economy,” Journal of Cleaner Production, 258, hal. 120766. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.120766.
  19. Sendari, A.A. (2021) Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Sebuah Tulisan Ilmiah, Liputan 6. Tersedia pada: https://www.liputan6.com/hot/read/4032771/mengenal-jenis-penelitian-deskriptif-kualitatif-pada-sebuah-tulisan-ilmiah (Diakses: 5 Agustus 2023).
  20. Syukerti, N., Ningsih, I.N.D.K. dan Evanne, L. (2022) “Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bara Prima Pratama di Desa Batu Ampar Indragiri Hilir Riau,” Al Kalam Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen, 9(1), hal. 1–20. Tersedia pada: https://doi.org/10.31602/al-kalam.v9i1.5391.
  21. UMKM Klaten (2023) Home - UMKM Kl, UMKM Klaten. Tersedia pada: https://umkmklaten.com/ (Diakses: 5 Agustus 2023).
  22. Yunia, N. (2018) “Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Menjalankan Usaha Kecil,” Jurnal Aksioma Al-Musaqoh, 1(1), hal. 77–92. Tersedia pada: https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAM/article/view/367/359.
  23. Zulianih, F., Ashlihah dan Amarudin, A.A. (2020) “Implementasi Corporate Social Resposibility CV. Karya Perdana di Desa Sumbermulyo dalam Perspektif Etika Bisnis Islam,” Dinamika: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 5(2), hal. 109–124. Tersedia pada: https://doi.org/10.32764/dinamika.v5i2.810.