Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh Kualitas Produk, inovasi produk dan desain produk terhadap keunggulan bersaing yang menjadi variabel mediasi. Dalam penelitian ini populasi Generasi Z di Kota Bogor yang menjadi sasaran penelitian dan telah diambil 100 responden sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, di mana teknik tersebut lebih tepat, efektif dan efisien apabila digunakan oleh peneliti, khususnya bagi peneliti yang membutuhkan kriteria khusus dalam memecahkan suatu masalah, sehingga penelitian ini dapat memenuhi tujuan dan hasil yang lebih konkret. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan SPSS. Penelitian ini mendapatkan adanya pengaruh positif dari kualitas produk, inovasi produk dan desain produk terhadap keunggulan bersaing. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan produk parfum lokal HMNS yang apabila terus meningkatkan kualitas produk, inovasi produk dan desain produk, sehingga kinerja perusahaan akan terus meningkat dan hal ini dapat dilakukan agar perusahaan memilki standar kualitas produk yang lebih tinggi dari pesaing dan dapat memenangkan pasar.

Keywords

employee engagement transformational leadership job satisfaction employee performance

Article Details

How to Cite
Ramadhan, M. F., & Purnama, N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Desain Produk terhadap Keunggulan Bersaing Produk Parfum Merek Lokal HMNS: Studi Kasus pada Generasi Z di Kota Bogor. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(6), 154–166. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/34660

References

  1. Bagaskara, T.Y. (2019) PENGARUH INOVASI PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK WOODENWAY. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20648.
  2. Crawford, C.M. dan Benedetto, C.A. Di (2021) New Products Management. 12 ed. McGraw Hill.
  3. Fetrizen dan Aziz, N. (2019) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK,HARGA,PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) MEREK AICOS PRODUKSI PT. BUMI SARIMAS INDONESIA. Tersedia pada: https://doi.org/10.31219/osf.io/w6dt5.
  4. Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Handoko, B. (2015) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK) TANJUNG MORAWA,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 15(1), hal. 1–18. Tersedia pada: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/947.
  6. Handoko, T.H. (2016) Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. 1 ed. Yogyakarta: BPFE.
  7. Hurley, R.F. dan Hult, G.T.M. (1998) “Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination,” Journal of Marketing, 62(3), hal. 42–54. Tersedia pada: https://doi.org/10.1177/002224299806200303.
  8. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
  9. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15th ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson (Always learning).
  10. Muhardi (2007) Strategi Operasi: Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  11. Myers, S. dan Marquis, D.G. (1969) Successful Industrial Innovations: A Study of Factors Underlying Innovation in Selected Firms. Washington, D.C.: National Science Foundation.
  12. Prawirosentono, S. (2004) Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management Abad 21: Studi Kasus dan Analisis, Kiat Membangun Bisnis Kompetitif Bernuansa Market Leader. 1 ed. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Priyatno, A.E. (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN: Studi pada Nasabah PT Prudential Indonesia, Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Tersedia pada: http://repository.stei.ac.id/6584/.
  14. Roscoe, J.T. (1975) Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences, Volume 2. Ann Arbor: Holt, Rinehart and Winston.
  15. Saraswati, M.L., Pradhanawati, A. dan Hidayat, W. (2015) “PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KAMPUNG BATIK WIRADESA, KABUPATEN PEKALONGAN,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), hal. 137–146. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/8227.
  16. Suari, M.T.Y., Telagawathi, N.L.W.S. dan Yulianthini, N.N. (2019) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,” Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), hal. 26–33. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/BISMA-JM/article/download/21982/13600/0.
  17. Thompson, V.A. (1965) “Bureaucracy and Innovation,” Administrative Science Quarterly, 10(1), hal. 1–20. Tersedia pada: https://doi.org/10.2307/2391646.
  18. Widodo, I.D. (2005) Perencanaan Dan Pengembangan Produk (Product, Planning And Design). Yogyakarta: UII Press.