Main Article Content

Abstract

Motivasi mahasiswa Prodi PAI dalam berwirausaha yang timbul setelah mendapatkan mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah, menarik untuk dianalisis lebih lanjut. Hal ini agar dapat diketahui bagaimana peran mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah dalam memotivasi mahasiswa Prodi PAI untuk berwirausaha, serta bagaimana materi atau
konten dalam mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan soft skill maupun hard skill agar mereka siap dalam berwirausaha. Adapun penelitian ini nantinya dapat menjadi bahan rujukan bagi Prodi PAI dalam mengembangkan kurikulum mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah yang lebih realistis bagi mahasiswa. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan dalam memilih informan. Kriteria yang menjadi informan yaitu mahasiswa Prodi PAI yang telah mengambil mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah, dan
yang sudah berwirausaha maupun yang belum berwirausaha. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Keabsaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan langkah yang bertahab, dimulai dari
reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa Prodi PAI untuk berwirausaha dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu; 1) motivasi internal meliputi ambisi untuk hidup mandiri, ambisi untuk mendapatkan penghasilan sendiri, dan kesadaran diri yang tinggi akan ketatnya persaingan mencari lowongan kerja; dan 2) motivasi eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sosial, serta kesiapan instrumen (modal). Sedangkan peran mata kuliah Kewirausahaan Syari’ah adalah sebagai pemantik motivasi mahasiswa untuk berwirausaha dan sebagai sumber pengetahuan
berwirausaha. 

Keywords

Berwirausaha kewirausahaan syari’ah motivasi mahasiswa

Article Details

References

  1. Afifi, Ruhana, and Lia Yulisma, ‘Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Praktikum Untuk Meningkatkan Intensi Berwirausaha Mahasiswa’, 12 (2020), 17–23 <https://doi.org/10.25134/quagga.v12i1.2127.Received>
  2. Cahyani, Utari Evy, ‘Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Berbasis Syariah Di IAIN Padangsidimpuan’, At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen …, 1 (2017), 198–219 <http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/281/1/Utari Evy Cahyani.pdf>
  3. Fahmi, Reza, ‘Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha’, Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1.2 (2012), 99–117
  4. Hapsari, Tanti Prita, ‘Peran Lingkungan Kampus Dalam Memoderasi Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha’, Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6.2 (2018), 197 <https://doi.org/10.26740/jepk.v6n2.p197-214>
  5. Harfandi, Harfandi, and Era Sonita, ‘Sinergisitas Sikap Dan Pengetahuan Dalam Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Febi IAIN Bukittinggi’, EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4.1 (2020), 1 <https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3266>
  6. Koranti, Komsi, ‘Analisis Pengaruh Faktor Eksternal Dan Internal’, Prosiding PESAT 5 (2013), 8–9
  7. Mekarisce, Arnild Augina, ‘Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12.33 (2020), 145–51 <https://jikm.upnvj.ac.id/index.php/home/article/view/102/71>
  8. Rustini, Ni Made, I Gede Surya Pratama, dan I Gede Nyoman Carlos Wiswanatha Mada, ‘Pengaruh Motivasi, Lingkungan Internal Dan Lingkungan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha’, WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi) 18, no. 2 (2019), 104–115
  9. Ningsih, Rita, ‘Peranan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa’, Jurnal Peranan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Bagi Mahasiswa, 2.3 (2017), 60
  10. Sarifuddin, A, ‘Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Alumni Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar)’, Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3.2 (2016), 136–42 <http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376>
  11. Statistik, Direktorat Klasifikasi dan Pembakuan, Klasifikasi Baku Jenis Pekerjaan Indonesia, ke-1 (Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2002)
  12. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, ke-22 (Bandung: Alfabeta, 2015)