Main Article Content

Abstract

Stakeholder sekolah yang aktif dalam setiap lapisan masyarakat sekolah akan berdampak pada mudahnya tujuan pendidikan tercapai sehingga lembaga tersebut dapat berkembang dan semakin maju. Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysia sebagai lembaga pendidikan Islam internasional memiliki manajemen yang sangat baik dan sistematis. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah stakeholder atau para pemangku kebijakan dalam lembaga pendidikan terkait yang meliputi Chief Excecutive Officer, Kepala Sekolah, dan Wakil Kepala Sekolah di Brainy Bunch. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah dengan teknik Purposive Sampling. Dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan teknik model Mattew B. Miles dan A Michel Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi atau penyimpulan data. Dan adapun teknik keabsahan data yaitu Triangulasi data pada teknik analisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya stakeholder sekolah dalam mengoptimalkan potensi peserta didik di Brainy Bunch terupayakan dengan baik sejalan dengan nilai-nilai Islam dan Montessori, yaitu dengan menerapkan kebijakan yang tidak diskriminatif, merancang pembelajaran dengan pendekatan personal, melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, melaksanakan penilaian secara deskriptif pada masing-masing siswa, dan memfasilitasi berbagai aktivitas dalam pengembangan seni. Dengan demikian peserta didik benar-benar dapat maksimal dalam mengoptimalkan potensi belajar dalam setiap dirinya. Dan sebagai hasil dan capaian hal tersebut dapat dilihat bahwa di Brainy Bunch setiap peserta didik memiliki potensi yang beragam dan expert di bidangnya masing-masing

Keywords

Stakeholder Sekolah Optimal Potensi Belajar

Article Details

References

  1. Al-Albani, Muhammad Nashiruddin. Silsilah Al-Hadits Ash-Shahihah. Juz VII.
  2. Al-Bukhari. Imam Abi Abdillah Muhammad Ibnu Ismail Ibnu Ibrahim. Tanpa Tahun. Shahih Bukhari. (Dar al-Fikr, tth). Jilid 1.
  3. Arukonto, Suharismi. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis”. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Bungin, Burhan. 2009. “Penelitian Kualitatif: Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya”. Jakarta: Kencana Prenada Grup.
  5. Devi. Yoseph. H. Parijo. “Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Guru IPS di MTS”. Artikel Ilmiah.
  6. Gustiansyah, Kasna. Sholihah, Nur Maulidatis. Sobri, Wardatuz. 2020. “Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Siswa dalam Belajar di Kelas”. Jurnal of Administrative Science DAROTUNA. Vol. 01. No. 02.
  7. Hamsa, Huzaimah Aspuri. 2020. “Implementasi Metode Montessori dalam Membentuk Karakter Kemandirian pada Anak Usia Dini di Brainy Bunch International Islamic Montessori School Malaysia”. Skripsi. Yogyakarta.
  8. https://kalsel.kemenag.go.id/opini/733/14-Macam-Kelemahan-Maupun-Kesa
  9. https://muslimsolo.com/al-ilmu-bila-amalin-artinya/
  10. https://www.brainybunch.com/the-brainy-way
  11. J. Moleong, Lexy. 2007. “Metodologi Penelitian Kualitatif”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Janawi. 2019. “Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2.
  13. Jatmiko, Datu. 2017. “Peran Stakeholder Sekolah dalam Mengatasi Berbagai Macam Kekerasan di Kalangan Siswa”. Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri. Vol. 04. No. 01.
  14. Miles. dkk. 2014. “Qualitative Data Analysis: An Expended Sourcebook”. Edition 3 9USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi. UI-Press.
  15. Muhadi, Ihsan. Giyoto. Untari, Lilik. 2021. “Tata Kelola Stakeholder dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Madrasah Tsanawiyah”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol. 07. No. 01.
  16. Nastiti, Defika Putri. Santoso, Singgit. Sudiyanto. 2019. “Studi Literatur Pengaruh Evaluasi Formatif Terhadap Evaluasi Sumatif”. Paper Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial.
  17. Sanjaya, Wina. 2011. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: Kencana.
  18. Sugiono. 2008. “Metode Penelitian Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
  19. Sundari. 2021. “Stakeholders dalam Pendidikan”. Jurnal At-Tazakki. Vol. 05. No. 02.
  20. Team, QuranBest. Aplikasi Digital Quran Best Indonesia. (Bandung: QuranBest Team). Versi 1.3.0.
  21. Zahira, Zahra. 2019. “Islamic Montessori Inspired Activity”. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka