Main Article Content
Abstract
Pentingnya pendidikan Al-Qur’an tidak hanya diberikan kepada anak-anak biasa, tetapi juga kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Terdapat tantangan tersendiri bagi SD N Pojok sebagai sekolah inklusi dengan jenis kebutuhan khusus siswa tunagrahita (lambat belajar) karena tidak adanya media yang dirancang secara khusus bagi siswa tunagrahita dalam mempelejari huruf hijaiyah, sehingga siswa tunagrahita tertinggal jauh dalam memahami bacaan huruf hijaiyah dari siswa normal lainnya. Pada penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis MITA berbentuk puzzle hijaiyah untuk membantu siswa tunagrahita mempelajari huruf hijaiyah. Desain penelitian ini menggunakan penelitian research and development model ADDIE 5 tahap: Analysis, design, development, implementation dan evaluation. Berdasarkan hasil penerapan puzzle hijaiyah dari analisis dilakukan identifikasi belajar huruf hijaiyah siswa tunagrahita dan wawancara, kemudian dilakukan rancangan media berbentuk puzzle hijaiyah menggunakan canva dan 3 akomodasi khusus dari MITA, tahap pengembangan dilakukan cetak kartu dengan bahan dan ukuran tertentu, dan melakukan implementasi media puzzle kepada siswa tunagrahita, terakhir di tahap evaluasi didapati hasil bahwa media puzzle hijaiyah berbasis MITA mampu membantu meningkatkan pemahaman huruf hijaiyah siswa tunagrahita karena mereka mampu membedakan huruf hijaiyah beserta dengan warna, bentuk dan ukuran yang berbeda dalam satu puzzle.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Bahril Hidayat, 2017, Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini Menurut Psikologi Agama dan Neurosain, The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Vol.2, (e-ISSN): 2548- 4516, h. 60.
- Rita Dunn and Andrey Vyshedsky, 2015, Mental Imagery Therapy For Autism (MITA) - An Early Intervention Computerized Brain Training Program For children with ASD, hal 117
- Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-23, (Bandung:alfabeta)
- Rianawati, 2013, 'Implementasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Belajar Siswa’, Repository.Upi.Edu, perpustakaan.upi.edu, 153–208 <http://repository.upi.edu/6175/6/D_PU_0908830_Chapter3.pdf>.
- Fitria Hidayat and others, 2021, ‘Model Addie ( Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation ) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie ( Analysis , Design , Development , Implementation And Evaluation ) Model In Islamic Education Learning’, hal 28-37.
- Hiniker A, Daniels JW, Williamson H (2013) Go go games: video game terapeutik untuk anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Dalam Prosiding Konverensi Internasional ke-12 tentang Desain Interaksi dan Anak. Hlm.463-466. ACM.
- E Rochyadi, Modul Pendidikan Anaka Tunagrahita. hal 1 -54
- Dundi, 2024, Komunikasi Pribadi, Guru Pendamping Khusus Inklusi SD N Pojok Sinduadi Sleman
- Tari, 2024, Komunikasi Pribadi, Guru Pendidikan Agama Islam SD N Pojok Sinduadi Sleman
- Uyik, 2024, Komunikasi Pribadi, Kepala Sekolah SD N Pojok Sinduadi Sleman
- HR. Bukhari, 66/49
- E A Coriawan and others, 2019, ‘Implementasi Aplikasi “Mita Terapi Autis” Terhadap Kemampuan Daya Tagkap Visual Pada Anak Autis Di Pusat Layanan Dan Pendidikan, Jurnal Gaung, 112–22 <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/GI/article/view/379>.
- Sigit Purnama, 2010 ‘Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam’, AI-Bidayah, 113–29.
References
Bahril Hidayat, 2017, Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini Menurut Psikologi Agama dan Neurosain, The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Vol.2, (e-ISSN): 2548- 4516, h. 60.
Rita Dunn and Andrey Vyshedsky, 2015, Mental Imagery Therapy For Autism (MITA) - An Early Intervention Computerized Brain Training Program For children with ASD, hal 117
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan Ke-23, (Bandung:alfabeta)
Rianawati, 2013, 'Implementasi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Belajar Siswa’, Repository.Upi.Edu, perpustakaan.upi.edu, 153–208 <http://repository.upi.edu/6175/6/D_PU_0908830_Chapter3.pdf>.
Fitria Hidayat and others, 2021, ‘Model Addie ( Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation ) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie ( Analysis , Design , Development , Implementation And Evaluation ) Model In Islamic Education Learning’, hal 28-37.
Hiniker A, Daniels JW, Williamson H (2013) Go go games: video game terapeutik untuk anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Dalam Prosiding Konverensi Internasional ke-12 tentang Desain Interaksi dan Anak. Hlm.463-466. ACM.
E Rochyadi, Modul Pendidikan Anaka Tunagrahita. hal 1 -54
Dundi, 2024, Komunikasi Pribadi, Guru Pendamping Khusus Inklusi SD N Pojok Sinduadi Sleman
Tari, 2024, Komunikasi Pribadi, Guru Pendidikan Agama Islam SD N Pojok Sinduadi Sleman
Uyik, 2024, Komunikasi Pribadi, Kepala Sekolah SD N Pojok Sinduadi Sleman
HR. Bukhari, 66/49
E A Coriawan and others, 2019, ‘Implementasi Aplikasi “Mita Terapi Autis” Terhadap Kemampuan Daya Tagkap Visual Pada Anak Autis Di Pusat Layanan Dan Pendidikan, Jurnal Gaung, 112–22 <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/GI/article/view/379>.
Sigit Purnama, 2010 ‘Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam’, AI-Bidayah, 113–29.