Main Article Content

Abstract

Hadirnya program kampus mengajar menuntut mahasiswa agar mampu berkontribusi dalam kegiatan bermasyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan. Program Kampus Mengajar bertujuan agar mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan baik bidang administrasi, pengajaran, maupun adaptasi teknologi. Dalam implementasi Kampus Mengajar ini tentu mengalami berbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan dan solusi dalam pelaksanaan program Kampus Mengajar angkatan 2 khususnya di wilayah Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah jenis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam. Ada 10 partisipan yang terdiri dari mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 2 dari berbagai sekolah mitra di Yogyakarta. Data hasil wawancara ditranskrip dalam bentuk naratif dan dianalisis menggunakan thematik analysis. Penelitian ini menemukan beberapa tantangan; kompetensi mengajar mahasiswa kurang relevan dengan yang dibutuhkan sekolah, beberapa mahasiswa tidak diberikan kesempatan mengajar, sarana dan prasarana kurang mendukung, guru gagap teknologi, dan miskomunikasi mahasiswa Kampus Mengajar dengan guru di lapangan. Solusinya adalah; perlu ada inovasi dalam pembelajaran, memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler dalam mengisi kekosongan dalam mengajar, digitalisasi bahan bacaan di perpustakaan, adaptasi teknologi, dan koordinasi dengan guru dibuat lebih matang sebelum penerjunan di sekolah. Penelitian ini menjadi masukan berharga bagi pemegang kebijakan dan pelaku Kampus Mengajar dalam perbaikan ke depannya.

Keywords

kampus mengajar tantangan solusi Yogyakarta

Article Details

References

  1. Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 142–150. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8063
  2. Djaya, M. S. S., Wagiran, W., Ginting, M., Jesica, A. ., & Sunarni, R. R. (2021). Buku Panduan Kampus Mengajar. 43. https://beasiswa.kemdikbud.go.id/assets/syarat/non_degree/dikti/panduan_program_km_angkatan.pdf
  3. Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
  4. Etika, E., Pratiwi, S. C., Lenti, D. M. P., & ... (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Sengon 2. JEID: Journal of …, 1(1), 281–290. https://www.embada.com/index.php/jeid/article/view/111%0Ahttps://www.embada.com/index.php/jeid/article/download/111/65
  5. Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar KEMDIKBUD di Sekolah Dasar. Dedikasi, 1(2), 1–8.
  6. Iriawan, S. B., & Saefudin, A. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Program Kampus Mengajar 2021. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2021, 37.
  7. Jamaludin, Adon Nasrullah, Metode Penelitian Sosial, Bandung, 2018
  8. Madhani, Luluk Makrifatul dkk. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Islami Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII at-Thullab, 3(1), 604–624. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
  9. Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian dalam Penelitian Pendidikan Bahasa., 1(1), 305.
  10. Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066
  11. Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & ... (2021). Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa …. … Bahasa, Sastra, Dan …, 1, 1–5. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/view/24805%0Ahttp://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosiding_fbs/article/download/24805/11692
  12. Wagiran, dkk, Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 2 tahun 2021, Jakarta, 2021.