Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi dan komunikasi. Semakin berkembangannya IPTEK maka dunia pendidikan juga perlu melakukan upgrade untuk menciptakan inovasi baru dalam proses pembelajaran. RPP adalah salah satu hal penting yang menunjang proses pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan adalah RPP Kolaborasi. RPP Kolaborasi merupakan model inovasi pembelajaran berbasis proyek dimana dalam pembuatannya disesuaikan dengan profil murid. Dalam RPP Kolaborasi juga berfokus pada model pembelajaran student centered learning dengan menggunakan prinsip Merdeka Belajar dan 5M. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan melalui RPP Kolaborasi di SMA Plus Teknologi (Kelas X). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif berjenis studi kasus dengan menganalisis topik yang diteliti. Pengumpulan data lewat dokumentasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan RPP kolaborasi Mapel menjadi inovasi baru dalam pembelajaran, RPP kolaborasi efektif dan efisien dimana dalam proses pembelajaran menjadi lebih praktis, dan penerapan RPP kolaborasi Mapel memuaskan dalam persepsi guru dan siswa.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Enoch, Jusuf. 1992. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara: Medan.
- Najelaa Shihab, dkk. 2017. Merdeka belajar di ruang kelas. Tangerang: Penerbit Literati.
- Najelaa Shihab, dkk. 2018. Differensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. Tangerang: Yayasan Mitra Netra.
- Najelaa Shihab, dkk. 2018. Memanusiakan Hubungan. Tangerang: Yayasan Mitra Netra.
- Najelaa Shihab, dkk. 2019. Literasi Menggerakkan Negeri. Tangerang: Penerbit Literati.
- Ngariyanto. 2019. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan Mahardhika Surabaya Buku 1. Dinas Pendidikan: Kota Surabaya.
- Ramayulis, 2015. Metodelogi Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
- Soetopo, Hendiyat. 1982. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
References
Enoch, Jusuf. 1992. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Jaya, Farida. 2019. Perencanaan Pembelajaran, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara: Medan.
Najelaa Shihab, dkk. 2017. Merdeka belajar di ruang kelas. Tangerang: Penerbit Literati.
Najelaa Shihab, dkk. 2018. Differensiasi: Memahami Pelajar untuk Belajar Bermakna dan Menyenangkan. Tangerang: Yayasan Mitra Netra.
Najelaa Shihab, dkk. 2018. Memanusiakan Hubungan. Tangerang: Yayasan Mitra Netra.
Najelaa Shihab, dkk. 2019. Literasi Menggerakkan Negeri. Tangerang: Penerbit Literati.
Ngariyanto. 2019. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan Mahardhika Surabaya Buku 1. Dinas Pendidikan: Kota Surabaya.
Ramayulis, 2015. Metodelogi Pendidikan Agama Islam. Jakarta:Kalam Mulia.
Soetopo, Hendiyat. 1982. Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.