Main Article Content

Abstract

Proses pembelajaran yang dilakukan tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi dan komunikasi. Semakin berkembangannya IPTEK maka dunia pendidikan juga perlu melakukan upgrade untuk menciptakan inovasi baru dalam proses pembelajaran. RPP adalah salah satu hal penting yang menunjang proses pembelajaran. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan adalah RPP Kolaborasi. RPP Kolaborasi merupakan model inovasi pembelajaran berbasis proyek dimana dalam pembuatannya disesuaikan dengan profil murid. Dalam RPP Kolaborasi juga berfokus pada model pembelajaran student centered learning dengan menggunakan prinsip Merdeka Belajar dan 5M. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan melalui RPP Kolaborasi di SMA Plus Teknologi (Kelas X). Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif berjenis studi kasus dengan menganalisis topik yang diteliti. Pengumpulan data lewat dokumentasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan RPP kolaborasi Mapel menjadi inovasi baru dalam pembelajaran, RPP kolaborasi efektif dan efisien dimana dalam proses pembelajaran menjadi lebih praktis, dan penerapan RPP kolaborasi Mapel memuaskan dalam persepsi guru dan siswa. 


Kata kunci: RPP Kolaborasi, Proses Pembelajaran, Inovasi

Article Details