Main Article Content

Abstract

Tauhid menjadi tema yang sangat penting dalam pandangan Islam. Betapa pentingnya dasar pendidikan yang menjadi pondasi pada seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai ketauhidan yang terkandung dalam sebuah buku Tuhan Ada di Hatimu dan bagaimana relevansinya terhadap pendidikan agama Islam yang diharapkan dapat menambah wawasan khasanah keilmuan. Tahapan penelitian dimulai dari penentuan objek analisis, pengumpulan data-data informasi, pengkajian klasifikasi secara deskriptif, dan penyimpulan mengenai nilai-nilai tauhid yang terkandung di dalam buku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kandungan nilai-nilai ketauhidan, yakni: 1) Tauhid rububiyyah dengan meyakini Allah maha kuasa dengan kekuatan sejati adalah miliknya, 2) Tauhid uluhiyyah dengan meg-Esakan Allah dalam penghayatan aktivitas sehari-hari, 3) Tauhid asma dan sifat Allah seperti bashiran, ilmun, dan aliman. Nilai ketauhidan tersebut perlu ditanamkan kepada anak. Namun tidak hanya secara kognitif saja, melainkan afektif dan psikomotorik juga

Keywords

Tauhid Tuhan ada di Hatimu Pendidikan Agama Islam

Article Details

References

  1. Akhbar, Marlina. 2022. Analisis Materi Pendidikan Tauhid Dalam Buku Tuhan Ada Di Hatimu Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri, Skripsi, Purwokerto: Uin Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
  2. Al-Hadar, Husein Ja’far. 2020. Tuhan Ada di Hatimu, Noura Books. Jakarta.
  3. Ali, Maulana M. 1977. Islamologi Dinu'ul Islam. P.T. Ikhtiar Baru. Jakarta.
  4. Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cipta Pers. Jakarta.
  5. Budiman, Moch. Arif. 2017. Pendidikan Agama Islam. PT Grafika Wangi. Jakarta.
  6. Chusma, Yulina Rosyidatul. Pemikiran Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar Tentang Ketauhidan dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu, Skripsi.
  7. Mubaroq, Isyroqul. 2022. Pendidikan Moderasi Beragama Menurut Habib Husein Ja’far Al-Hadar Dalam Buku Tidak Di Ka’bah, Di Vatikan, Atau Di Tembok Ratapan, Tuhan Ada Di Hatimu, Skripsi, Semarang: UIN Walisongo.
  8. Nugroho, Wawan Eko. 2014. Konsep Belajar Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam, 10 (6).
  9. Shafik, Siti Sa’adah dan Bakar, Nor Suhaily Abu. 2009. Tauhid Membina Keutuhan Akidah Islam. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari jld 2, pp 81-101.
  10. Umar, Achsanul. 2021. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Buku Tak Di Kabah Di Vatikan Atau Ditembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu Karya Husein Jafar Al-Hadar, Skripsi, Purwokerto: Uin Prof. K. H. Saifuddin Zuhri. <http://repository.iainpurwokerto.ac.id/11679/>.
  11. Yahya, Habib Usman Bin. tt Sifat Dua Puluh Awalluddin. S.A. Alaydrus. Jakarta.
  12. Zakariya, Muhammad Hilman. 2022. Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar, Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
  13. Zaki, Engku Ahmad dan Engku Alwi. Apa Itu Islam? (PTS Islamka, 2008)