Main Article Content
Abstract
Tauhid menjadi tema yang sangat penting dalam pandangan Islam. Betapa pentingnya dasar pendidikan yang menjadi pondasi pada seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai ketauhidan yang terkandung dalam sebuah buku Tuhan Ada di Hatimu dan bagaimana relevansinya terhadap pendidikan agama Islam yang diharapkan dapat menambah wawasan khasanah keilmuan. Tahapan penelitian dimulai dari penentuan objek analisis, pengumpulan data-data informasi, pengkajian klasifikasi secara deskriptif, dan penyimpulan mengenai nilai-nilai tauhid yang terkandung di dalam buku tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kandungan nilai-nilai ketauhidan, yakni: 1) Tauhid rububiyyah dengan meyakini Allah maha kuasa dengan kekuatan sejati adalah miliknya, 2) Tauhid uluhiyyah dengan meg-Esakan Allah dalam penghayatan aktivitas sehari-hari, 3) Tauhid asma dan sifat Allah seperti bashiran, ilmun, dan aliman. Nilai ketauhidan tersebut perlu ditanamkan kepada anak. Namun tidak hanya secara kognitif saja, melainkan afektif dan psikomotorik juga
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Akhbar, Marlina. 2022. Analisis Materi Pendidikan Tauhid Dalam Buku Tuhan Ada Di Hatimu Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri, Skripsi, Purwokerto: Uin Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
- Al-Hadar, Husein Ja’far. 2020. Tuhan Ada di Hatimu, Noura Books. Jakarta.
- Ali, Maulana M. 1977. Islamologi Dinu'ul Islam. P.T. Ikhtiar Baru. Jakarta.
- Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cipta Pers. Jakarta.
- Budiman, Moch. Arif. 2017. Pendidikan Agama Islam. PT Grafika Wangi. Jakarta.
- Chusma, Yulina Rosyidatul. Pemikiran Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar Tentang Ketauhidan dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu, Skripsi.
- Mubaroq, Isyroqul. 2022. Pendidikan Moderasi Beragama Menurut Habib Husein Ja’far Al-Hadar Dalam Buku Tidak Di Ka’bah, Di Vatikan, Atau Di Tembok Ratapan, Tuhan Ada Di Hatimu, Skripsi, Semarang: UIN Walisongo.
- Nugroho, Wawan Eko. 2014. Konsep Belajar Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam, 10 (6).
- Shafik, Siti Sa’adah dan Bakar, Nor Suhaily Abu. 2009. Tauhid Membina Keutuhan Akidah Islam. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari jld 2, pp 81-101.
- Umar, Achsanul. 2021. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Buku Tak Di Kabah Di Vatikan Atau Ditembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu Karya Husein Jafar Al-Hadar, Skripsi, Purwokerto: Uin Prof. K. H. Saifuddin Zuhri. <http://repository.iainpurwokerto.ac.id/11679/>.
- Yahya, Habib Usman Bin. tt Sifat Dua Puluh Awalluddin. S.A. Alaydrus. Jakarta.
- Zakariya, Muhammad Hilman. 2022. Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar, Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
- Zaki, Engku Ahmad dan Engku Alwi. Apa Itu Islam? (PTS Islamka, 2008)
References
Akhbar, Marlina. 2022. Analisis Materi Pendidikan Tauhid Dalam Buku Tuhan Ada Di Hatimu Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri, Skripsi, Purwokerto: Uin Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
Al-Hadar, Husein Ja’far. 2020. Tuhan Ada di Hatimu, Noura Books. Jakarta.
Ali, Maulana M. 1977. Islamologi Dinu'ul Islam. P.T. Ikhtiar Baru. Jakarta.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Cipta Pers. Jakarta.
Budiman, Moch. Arif. 2017. Pendidikan Agama Islam. PT Grafika Wangi. Jakarta.
Chusma, Yulina Rosyidatul. Pemikiran Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar Tentang Ketauhidan dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu, Skripsi.
Mubaroq, Isyroqul. 2022. Pendidikan Moderasi Beragama Menurut Habib Husein Ja’far Al-Hadar Dalam Buku Tidak Di Ka’bah, Di Vatikan, Atau Di Tembok Ratapan, Tuhan Ada Di Hatimu, Skripsi, Semarang: UIN Walisongo.
Nugroho, Wawan Eko. 2014. Konsep Belajar Menurut Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam, 10 (6).
Shafik, Siti Sa’adah dan Bakar, Nor Suhaily Abu. 2009. Tauhid Membina Keutuhan Akidah Islam. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari jld 2, pp 81-101.
Umar, Achsanul. 2021. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Buku Tak Di Kabah Di Vatikan Atau Ditembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu Karya Husein Jafar Al-Hadar, Skripsi, Purwokerto: Uin Prof. K. H. Saifuddin Zuhri. <http://repository.iainpurwokerto.ac.id/11679/>.
Yahya, Habib Usman Bin. tt Sifat Dua Puluh Awalluddin. S.A. Alaydrus. Jakarta.
Zakariya, Muhammad Hilman. 2022. Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar, Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Zaki, Engku Ahmad dan Engku Alwi. Apa Itu Islam? (PTS Islamka, 2008)