"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Pengaruh CSR perusahaan terhadap citra merek dan loyalitas merek | Sofyan | Jurnal Siasat Bisnis

Pengaruh CSR perusahaan terhadap citra merek dan loyalitas merek

Mariyudi Sofyan

Abstract


Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap citra merek dan loyalitas merek pelanggan pada industri hotel. Suatu refleksi model persamaan struktural (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini diuji dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari sampel pelanggan hotel Indonesia. Survei dilakukan, dan responden terdiri dari pelanggan industri hotel di Indonesia. Terdapat 310 kuesioner yang dapat digunakan untuk menganalisis dengan metode yang diterapkan termasuk analisis statistik deskriptif, analisis validitas dan reliabilitas, analisis korelasi, dan analisis pemodelan persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap citra merek fungsional, citra merek emosional dan loyalitas merek pelanggan, serta citra merek fungsional dan citra merek emosional memiliki pengaruh yang kuat terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus secara khusus fokus pada faktor-faktor ini dalam rangka membangun hubungan jangka panjang dan saling menguntungkan dengan pelanggan serta menciptakan loyalitas sebagai keunggulan kompetitif di pasar.


Keywords


CSR, citra merek, citra merek fungsional, citra merek emosional, loyalitas merek

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art1

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM




Copyright (c) 2017 Jurnal Siasat Bisnis

Contact:
Management Development Centre (MDC)
Faculty of Economics, Universitas Islam Indonesia
Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 881546, Fax. (0274) 882589
Editorial E-mail: editor.jsb@uii.ac.id

  

Creative Commons License

Jurnal Siasat Bisnis (JSB) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.