Main Article Content

Abstract

Latar belakang: Peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan pendidikan berkelanjutan merupakan upaya yang harus dilakukan oleh apoteker untuk terus mengimbangi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kefarmasian. Topik-topik yang dikaji dalam kegiatan tersebut idealnya disesuaikan dengan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik pendidikan berkelanjutan yang diperlukan oleh apoteker yang berpraktek di puskesmas di Yogyakarta.

Metode: Penelitian survey ini menggunakan kuesioner dengan pertanyaan utama tentang kebutuhan topik pendidikan berkelanjutan, yang dikembangkan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan RI.

Hasil: Sebanyak 37 responden mengisi kuisoner dengan lengkap dengan sebagian besar responden adalah perempuan (97,3%), rentang usia kurang dari 30 tahun (65%), dan pengalaman bekerja di puskesmas kurang dari 3 tahun (68%). Penelitian ini mengidentikasi tiga topik terkait pengelolaan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai yang sangat diperlukan adalah tentang pencatatan dan pelaporan (45,9%), pengendalian (43,2%), serta evaluasi proses pengelolaannya (36,4%). Sementara itu, 3 topik yang sangat diperlukan terkait pelayanan farmasi klinik adalah konseling obat (81,1%), komunikasi efektif dengan pasien (78,4%), serta pemberian informasi obat (73%). Tiga topik farmakoterapi yakni farmakoterapi penyakit kardiovaskular, penyakit infeksi bakteri, serta farmakoterapi gangguan otot dan sendi merupakan topik kategori sangat diperlukan oleh 64,9% responden.

Kesimpulan: Penelitian ini merekomendasikan topik tersebut dapat ditindaklanjuti baik oleh organisasi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) maupun pihak puskesmas terkait program pengembangan SDM apoteker puskesmas.

Kata kunci: apoteker, pelayanan kefarmasian, pendidikan berkelanjutan, puskesmas

Article Details

Most read articles by the same author(s)