Main Article Content
Abstract
Sustainable Development sebagai salah satu agenda yang ingin dicapai banyak Negara di dunia termasuk Indonesia selayaknya didekati juga dari aspek konsumsi di level paling bawah, yaitu menyangkut individu sebagai pelaku langsung.Disiplin ilmu pemasaran dapat berperan melalui pemasaran social (social marketing) agar terjadi perubahan pola perilaku konsumsi yang mengarah pada tercapainya sustainable development melalui sustainable consumption. Penggunaan kembali tas yang digunakan untuk berbelanja (reusable bag) adalah salah satu praktek sustainable consumption yang kini giat dikampanyekan di Indonesia untuk mengurangi dampak berbahaya limbah tas plastik yang dibuang begitu saja. Serangkaian hipotesis diuji untuk mengetahui sejauh mana intensi konsumen untuk membeli reusable bag.Variabel-variabel utama pembentuk intensi pembelian yaitu attitude, subjectivenorm, trust, perceived knowledge dan consumer innovativeness benar mendorong konsumen membeli reusable bag. Tingkat innovativeness seseorangpun serta pengetahuan yang dimilikinya juga menghasilkan sikap positif terhadap pembelian reusable bag.Namun, tidak ada pengaruh signifikan informasi (revealed information) di kemasan reusable bag terhadap peningkatan sikap positif konsumen.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan bagi pengambil kebijakan yang membawahi usaha eceran serta pengecer pada khususnya untuk mengedukasi konsumen tentang manfaat reusable bag melalui kampanye social marketing yang terarah.
Key words: sustainable development, social marketing, sustainable consumption, reusable bag.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).