Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang formulasi dan pengembangan Pendidikan Agama Islam berbasis sosial profetik yang di gagas oleh Kuntowijoyo. Pokok masalah yang diteliti di identifikasikan ke dalam beberapa pertanyaan sebagai berikut: pertama, Bagaimana konsep pendidikan Islam berbasis sosial profetik Kuntowijoyo. Kedua, Bagaimana implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Ketiga, Bagaimana pengembangan Pendidikan Agama Islam berbasis sosial profetik ala Kuntowijoyo. Penelitian kepustakaan (library research) ini menggunakan data kualitatif dari sumber data primer maupun sekunder, kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ada dua:Pertama, pendekatan filosofi (philosophical approach), kedua, pendekatan sosiologis (sociological approach). Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : Pertama, konsep pendidikan agama Islam berbasis sosial profetik Kuntowijoyo merupakan Pendidikan Agama Islam yang terinspirasi dari kandungan Q.S. Ali-Imran/3: 110 mencakup humanisasi, liberasi dan transendensi. Kedua, implikasi dari pendidikan Islam berbasis sosial profetik, akan menuntut perubahan metode pengajaran dari tekstual-ferbalistik menuju kontekstual-dialogis. Ketiga, pengembangan Pendidikan Agama Islam berbasis sosial profetik di aplikasikan pada perubahan sebagai upaya perbaikan pada problem-problem pendidikan Islam selama ini.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution (CC-BY-SA) 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.