Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pelatihan Kepemimpinan Kenabian dapat meningkatkan komitmen mengajar guru, 22 subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SDIT “H” Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah The one Group Pretest-postest Design. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian yaitu pelatihan kepemimpinan kenabian dapat meningkatkan komitmen mengajar guru SDIT “H”, ditunjukkan dari perbandingan komitmen mengajar guru sebelum pelatihan (pretest) dan setelah setelah pelatihan (pascates) diketahui nilai Sig 0,000 (nilai sig < 0,05). Hal ini berarti hipotesis diterima yaitu ada perbedaan komitmen mengajar guru yang signifikan antara sebelum pelatihan (pretest) dan setelah pelatihan (pascates), kemudian komitmen mengajar guru dilihat lagi hasilnya satu bulan setelah pelatihan (follow up) diketahui nilai Sig 0,006 (nilai Sig < 0,05). Hal ini berarti hipotesis diterima yaitu ada perbedaan komitmen mengajar guru yang signifikan antara sebelum pelatihan (pretest) dan satu bulan setelah pelatihan (follow up). Komitmen mengajar guru setelah pelatihan kepemimpinan kenabian (pascates) dan satu bulan setelah pelatihan (follow up) diketahui nilai Sig 0,426 (nilai Sig > 0,05). Hal ini berarti hipotesis ditolak yaitu tidak ada perbedaan komitmen mengajar guru yang signifikan setelah pelatihan (pascates) dengan satu bulan setelah pelatihan (follow up). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan kepemimpinan kenabian dapat meningkatkan komitmen mengajar guru SDIT “H”.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).