Pengaruh Psikoedukasi “Guru Tahu†terhadap Peningkatan Pengetahuan Dasar Guru Tentang Peserta Didik di Sekolah Inklusi

Nur Widiasmara, Fuad Nashori, Uly Gusniarti

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh Psikoedukasi “What Every Teacher Should Know About Special Learners†dalam meningkatan pengetahuan dasar guru SDN “X†tentang peserta didik di sekolah inklusi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh psikoedukasi “What Every Teacher Should Know About Special Learners†terhadap pengetahuan dasar guru tentang peserta didik di sekolah inklusi. Rancangan penelitian menggunakan the untreated control group design with dependent pretest and posttest sampels dengan menambahkan tindak lanjut. Sebanyak 18 orang guru yang terbagi dalam kelompok eksperimen kelompok kontrol dari SD Negeri yang menjadi sekolah inklusi yang berada di bawah Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Yogyakarta terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan tes pengetahuan dasar guru tentang peserta didik berkebutuhan khusus tunagrahita dan kesulitan belajar dengan koefisen reliabilitas sebesar 0,799. Modul Psikoedukasi dikembangkan berdasarkan manual pelatihan dari Tileston (2005) yang disesuaikan dengan kebutuhan guru di SDN “Xâ€. Data dianalisis menggunakan metode selisih skor. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan pengetahuan dasar guru tentang peserta didik di sekolah inklusi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Mann-Whitney U = 7,500; Z = -2,925, p (1-tailed) = 0,0015 (p < 0,05)). Hal ini berarti bahwa psikoedukasi “What Every Teacher Should Know About Special Learners†menunjukkan pengaruh dalam peningkatan pengetahuan dasar guru SD N “X†tentang peserta didik di sekolah inklusi. Hasil penelitian telah menguatkan hipotesis.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM


Copyright (c) 2016 Jurnal Intervensi Psikologi (JIP)



Contact:

Master of Proffesional Psychology
Universitas Islam Indonesia
Kampus Terpadu UII
Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584
Telp. +62 274 898444 Ext. 2136
Email: jip@uii.ac.id

 

JIP  (Jurnal Intervensi Psikologi)
Published by:
Master of Proffesional Psychology, Faculty of Psychology and Socio-cultural Sciences, Universitas Islam Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter Journal Visits