Main Article Content

Abstract

Fenomena penggunaan dualisme akun perbankan syariah dan perbankan konvensional di Indonesia dilatar belakangi oleh nasabah muslim yang dilema oleh kekurangan perbankan syariah, seperti: (1) Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap produk perbankan syariah, (2) Peraturan yang berlaku belum sepenuhnya menjamin operasional bank syariah benar-benar menggunakan prinsip syariah, (3) Kurang meluasnya jangkauan kantor perbankan syariah, (4) Terbatasnya karyawan bank yang memahami operasional bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi untuk perkembangan strategi marketing perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan data yang diperoleh melalui studi literature yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif sehingga menghasilkan solusi berupa Infiltrade Operating System untuk menginfiltrasi operasi layanan perbankan syariah di layanan produk perbankan konvensional, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi keuangan syariah dengan mudah dan praktis. Dengan sistem ini, diharapkan perbankan syariah dapat tumbuh pesat dikalangan masyarakat. Melalui bantuan teknologi blockchain, proses transaksi keuangan dan kegiatan investasi dapat berjalan dengan aman tanpa khawatir terjadi modifikasi data.

Keywords

Marketing Perbankan Syariah Infiltrasi Blockchain

Article Details

References

  1. Ahmad Yopi Sumara, Skripsi : “Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Nasabah Muslim untuk Memilih Bank Konvensional (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Kalijaga” (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2017), hal. 85-97.
  2. Diana Yumanita Ascarya, Bank Syariah: Gambaran Umum (Jakarta: PPSK BI, 2005).
  3. http://perbanas.org/img/majalah/M170704009_file2017-07-04_15-45-08.pdf
  4. Indonesia.go.id, “Agama” (https://indonesia.go.id/profil/agama, Diakses 21 Maret, 2020).
  5. Isnaeni Rokhayati, “Lembaga Keuangan Dan Bank Sebagai Pendukung Kegiatan Usaha / Bisnis Untuk Pencapaian Tujuan Perusahaan”, Majalah Ilmiah Ekonomika. Vol. 13 No. 3, 2010, hal. 75 – 129.
  6. Mega triluik. “Optimalisasi Pembiayaan Akad Salam Di Sektor Pertanian di Indonesia : Pendekatan Value at Risk”, STEI TAZKIA, Bogor.
  7. Morris dan David Z (2016), “Leaderless,Blockchain-Based Venture Capital Fund Raises $100 Million, And Counting”(http://fortune.com/2016/05/15/leaderless-blockchain-vc-fund/, Diakses pada 20 Maret 2020)
  8. Muhammad, Manajemen Bank Syariah (Yogyakarta : UPP STIM YKPN, 2011), hal 55
  9. Muhammad Syafi’I Antonio, Bank Syariah : Dari Teori dan Praktik (Jakarta : Gema Insani Press, 2001), hal. 16.
  10. Nisa Fahmi, “Persentase Jumlah Nasabah Bank Syariah di Indonesia”,(Kompasiana, 9 April, 2018).
  11. Nur Riyanto Al Arif , Skripsi : “Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah” (Semarang : UIN Walisongo, 2016), hal 9
  12. Otoritas Jasa Keuangan, “Statistik Perbankan Syariah-Desember 2019” (https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---Desember-2019/SPS%20Desember%202019.pdf, Diakses pada 28 Maret, 2020).
  13. Otoritas Jasa Keuangan, “Statistik Perbankan Indonesia-Desember 2019” (https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Indonesia---Desember-2019/SPI%20Desember%202019.pdf, Diakses 28 Maret, 2020)
  14. Parkins dan David (2018), “The technology behind bitcoin lets people who do not know or trust each other build a dependable ledger. This has implications far beyond the crypto currency”(The Economist, https://www.economist.com/news/briefing/21677228-technol, Diakses pada 20 Maret 2020)
  15. Raval dan Siraj, “Decentralized Applications: Harnessing Bitcoin's Blockchain Technology”, Highway North, O'Reilly Media 2016.
  16. Soraya Novika, “Soraya Novika, “Market share perbankan syariah kuartal I-2019 turun”, (Alinea.id, 30 April 2019).
  17. Suharsini, Arikunto. 1990. Prosuder penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rinekapta Press. Yogyakarta. Hal : 12
  18. Undang- Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang perbankan