Main Article Content

Abstract

Fenomena penggunaan dualisme akun perbankan syariah dan perbankan konvensional di Indonesia dilatar belakangi oleh nasabah muslim yang dilema oleh kekurangan perbankan syariah, seperti: (1) Kurangnya pemahaman masyarakat terhadap produk perbankan syariah, (2) Peraturan yang berlaku belum sepenuhnya menjamin operasional bank syariah benar-benar menggunakan prinsip syariah, (3) Kurang meluasnya jangkauan kantor perbankan syariah, (4) Terbatasnya karyawan bank yang memahami operasional bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah memberikan solusi untuk perkembangan strategi marketing perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan data yang diperoleh melalui studi literature yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif sehingga menghasilkan solusi berupa Infiltrade Operating System untuk menginfiltrasi operasi layanan perbankan syariah di layanan produk perbankan konvensional, sehingga nasabah dapat melakukan transaksi keuangan syariah dengan mudah dan praktis. Dengan sistem ini, diharapkan perbankan syariah dapat tumbuh pesat dikalangan masyarakat. Melalui bantuan teknologi blockchain, proses transaksi keuangan dan kegiatan investasi dapat berjalan dengan aman tanpa khawatir terjadi modifikasi data.


Kata kunci: Marketing, Perbankan Syariah, Infiltrasi, Blockchain

Article Details