Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motif perilaku hedonisme dalam berpenampilan syari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer yang dihasilkan dari kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Populasi penelitian ini adalah muslimah minimal berusia 17 tahun dan berdomisili di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 121 muslimah. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel trend baru, pusat perhatian, pola konsumsi, gaya hidup, dan tempat hiburan secara partial berpengaruh terhadap pembelian busaha muslimah di Yogyakarta. Hasil uji F juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara trend baru, pusat perhatian, pola konsumsi, gaya hidup, dan tempat hiburan secara simultan terhadap pembelian busaha muslimah di Yogyakarta dengan nilai F hitung sebesar 33,112 > 2,29  dengan tingkat signifikansi 0,000.


 Kata Kunci: Hedonisme, Penampilan, Syar'i

Keywords

Hedonisme Penampilan Syar'i

Article Details

References

  1. A. Arthesa dkk. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.
  2. Al-Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis dengan Program IMB SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Undip.
  3. Ghozali, I. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Peneliti Universitas Diponegoro.
  4. Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program SPSS Edisi 3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  5. Limpaphayom, P. &. (2004). Bank Relationship and Firm Performance : Evidence from Thailand before The Asian.
  6. Porter, G. D. (2009). Basic Economics 5th Edition . McGraw-Hill: New York .
  7. Pramana, F. J. (2012). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru. Tesis Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  8. Rianto, R. (2013). Hubungan antara Konformitas Kelompok Teman Sebaya dengan Gaya Hidup Hedonis pada Mahasiswa Kab. Dharmasraya di Yogyakarta Universitas Ahmad Dahlan. Universitas Ahmad Dahlan, 6.
  9. Rizaldi, M. (2016). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 91.
  10. Sujarweni, V. W. (2014). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  11. Syaichu, N. Y. (2017). Analisis Pengaruh Bank Income Structure terhadap Risiko Bank Syariah di Indonesia (Studi kasus pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015). Diponegoro Journal of Management, Vol. 6, No. 4, Hal. 1-15.