Main Article Content

Abstract

Media sosial saat ini telah menjelma menjadi alat pemasaran yang sangat populer bagi perpustakaan. Hal ini karena media sosial memungkinkan perpustakaan untuk menjangkau dan melakukan komunikasi dengan penggunanya secara realtime tanpa lagi tersekat oleh batasan ruang dan waktu. Terlebih saat ini pengguna media sosial di Indonesia demikian masif yang mencapai mencapai 191,4 juta pengguna. Hal tersebut tentu menjadi potensi yang luar biasa ketika media sosial bisa dioptimalkan untuk keperluan pemasaran perpustakaan. Dalam melakukan kajian ini penulis menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dari hasil kajian yang dilakukan penulis menemukan bahwa dalam upaya optimalisasi media sosial untuk pemasaran perpustakaan perguruan tinggi ada tujuh langkah yang harus dilakukan, yaitu: 1) membuat perencanaan (planning), 2) membuat akun/kanal media sosial, 3) memahami platform media sosial yang digunakan, 4) membentuk tim, 5) produksi dan publikasi konten, 6) strategi publikasi konten, dan juga 7) monitoring dan evaluasi. Sehingga kemudian bisa disimpulkan bahwa pemasaran perpustakaan melalui media sosial menjadi sangat penting mengingat luasnya cakupan media sosial saat ini. Terlebih untuk perpustakaan perguruan tinggi yang saat ini mayoritas mahasiswanya merupakan generasi Y (milenial) dan generasi Z (Gen-Z) yang sudah sangat karib dengan media sosial. Selain memerlukan berbagai strategi taktis, optimalisasi pemasaran perpustakaan menggunakan media sosial juga perlu mendapat dukungan dan komitmen yang kuat dari pengambil kebijakan/manajemen perpustakaan perguruan tinggi.

Keywords

Pemasaran Perpustakaan Media Sosial Perpustakaan Perguruan Tinggi

Article Details

Author Biography

Teguh Prasetyo Utomo, Universitas Islam Indonesia

Direktorat Perpustakaan
How to Cite
Utomo, T. P. (2022). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL UNTUK PEMASARAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 5(1), 99–133. https://doi.org/10.20885/bpuii.24369

References

  1. Adieb, M. (2021, Februari 25). Manakah yang Lebih Efektif, Konten Evergreen atau Konten Trending? Retrieved Juni 25, 2022, from Glints: https://glints.com/id/lowongan/evergreen-vs-konten-trending/#.Yrb_sXbP3rc
  2. AlAwadhi, S., & Al-Daihani, S. M. (2019). Marketing academic library information services using social media. Library Management Vol. 40 No. 3/4, 228-239. https://doi.org/10.1108/LM-12-2017-0132
  3. Basuki, S. (2019, Mei 12). Berkenalan dengan Prinsip Marketing. Retrieved Juni 28, 2022, from Gradient - Content Strategy Institut: https://gradien.id/2019/05/12/berkenalan-dengan-prinsip-marketing/
  4. BookCrossing. (n.d.). About BookCrossing. Retrieved Juni 18, 2022, from BookCrossing: https://www.bookcrossing.com/about
  5. Cheng, W. W., Lam, E. T., & Chiu, D. K. (2020). Social media as a platform in academic library marketing: A comparative. The Journal of Academic Librarianship, 1-8. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102188
  6. Constantinides, E. (2014). Foundations of Social Media Marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences 148, 40-57. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.016
  7. Cowart, C. (2017). Marketing Libraries Is a Team Effort. (N. Eva, & E. Shea, Eds.) The Reference and User Services Association, Vol 56, No 4. doi:https://doi.org/10.5860/rusq.56.4.240
  8. D'Souza, S. (2018, Juli 27). Trending Vs. Evergreen Content: What Should You Choose? Retrieved Juni 28, 2022, from Linkedin: https://www.linkedin.com/pulse/trending-vs-evergreen-content-what-should-you-choose-sandra-d-souza-2c
  9. Hanik, U., & Wijatnika. (n.d.). Apa itu Monev? Retrieved Juni 28, 2022, from Monev Studio: https://monevstudio.org/apa-itu-monev
  10. Harrison, A., Burress, R., Velasquez, S., & Schreiner, L. (2017). Social Media Use in Academic Libraries: A Phenomenological Study. The Journal of Academic Librarianship, 43, 248-256. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.02.014
  11. Harrison, A., Burress, R., Velasquez, S., & Schreiner, L. (2017). Social Media Use in Academic Libraries: A Phenomenological Study. The Journal of Academic Librarianship, 43, 248-256. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2017.02.014
  12. Jemadu, L., & Prastya, D. (2022, Februari 23). Jumlah Pengguna Media Sosial Indonesia Capai 191,4 Juta per 2022. Retrieved from Suara.com: https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022?page=1
  13. Jessica, C. (2022, Februari 20). Ingin Mencoba Karier Social Media Specialist? Pahami Dulu Serba-serbinya. Retrieved Juni 22, 2022, from Glints: https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-social-media-specialist/
  14. Joo, S., Choi, N., & Baek, T. H. (2018). Library marketing via social media : The relationships between Facebook content and user engagement in public libraries. Emerald Insight, 940-955. https://doi.org/10.1108/OIR-10-2017-0288
  15. Juditha, C. (2017, April ). Memahami Struktur Jaringan Media Sosial sebagai Cara Strategis Periklanan di Era Ekonomi Digital -Understanding Social Media Network Structure as a Strategic Way of Advertising in Digital Economy Era. Jurnal Pekommas, Vol. 2 No. 1, 99-114. Retrieved Juni 21, 2022, from https://media.neliti.com/media/publications/222416-none-5e53dea9.pdf https://doi.org/10.30818/jpkm.2017.2020110
  16. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59-68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
  17. Kurnia, N. D., Johan, R. C., & Rullyana, G. (2018, Mei ). THE CORRELATION BETWEEN INSTAGRAM SOCIAL MEDIA USAGE AND COMPETENCY OF MEDIA LITERACY AT UPT NATIONAL INSTITUTE OF TECHNOLOGY LIBRARY - HUBUNGAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN KEMAMPUAN LITERASI MEDIA DI UPT PERPUSTAKAAN ITENAS. Edulib, Tahun 8, Volume 8 No. 1. Retrieved Juni 22, 2022, from https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/download/10208/pdf https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.10208
  18. McCoy, J. (2020, May 31). What Is Evergreen Content & Why Should You Care? Retrieved Juni 28, 2022, from Search Engine Journal: https://www.searchenginejournal.com/evergreen-content/362554/
  19. Moleong, L. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  20. Olorunfemi, M., & Ipadeola, E. A. (2018). Marketing Library And Information Services In Selected University Libraries In South West Nigeria. NOCC , 1-14.
  21. Sungadi. (2019). Promosi Perpustakaan dan Pemasaran Layanan Perpustakaan: Peran Profesional Perpustakaan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 135-150.
  22. The Cooperation Committee for Cambodia (CCC) ; Development Innovations Cambodia. (n.d.). SOCIAL MEDIA HANDBOOK: Tips for Civil Society Users. Kamboja: The Cooperation Committee for Cambodia (CCC). Retrieved Juni 21, 2022, from https://www.ictworks.org/wp-content/uploads/2017/04/Social_Media_guide_V6_High.pdf
  23. Umam. (n.d.). Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat, dan Perkembangannya. Retrieved from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/
  24. Widyasari, K. L. (2018). Seri Literasi Digital : Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Jakarta: Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika.