Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas Catur Program Literasi (CPL) di SMK Negeri 1 Samigaluh sebagai pilar Gerakan Literasi Sekolah (GLS). CPL terdiri dari empat program literasi yaitu: Pembuatan Majalah Dinding, Pojok Baca Kelas, Tensi Tubu, dan SKASSA Cup. Pendidikan memandang literasi sebagai elemen kunci untuk membentuk warga negara terdidik dan kritis. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah merinci dan menganalisis efektivitas masing-masing program literasi serta mengeksplorasi perbedaan signifikan antara program tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa CPL secara keseluruhan memberikan dampak positif pada peningkatan literasi siswa. Pembuatan Majalah Dinding dan Pojok Baca memberikan ruang ekspresi kreatif dan peningkatan minat membaca, sementara Tensi Tubu dan SKASSA Cup fokus pada pengembangan keterampilan analitis dan berpikir kritis (analytical and critical thinking) para siswa melalui resensi buku. Integrasi keempat program menciptakan lingkungan pembelajaran literasi yang optimal. Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa SMK Negeri 1 Samigaluh berhasil menerapkan GLS secara holistik dengan efektif. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman praktik terbaik dalam meningkatkan literasi siswa di tingkat sekolah menengah kejuruan. Diharapkan penelitian ini memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk mengembangkan program literasi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa secara menyeluruh.
Keywords
Article Details
References
- BPPB Kemdikbudristek RI. (2016a). majalah dinding. KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/majalah%20dinding
- BPPB Kemdikbudristek RI. (2016b). resensi. KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/resensi
- Chotimah, I. C. (2017, April 22). Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik SMK Pancasila Mojowarno Melalui Festival Literasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran “Rekonstruksi Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Karakter.” https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/918
- Dalman. (2018). Keterampilan Menulis: Vol. Cetakan 6. Raja Grafindo Persada.
- Dewi, A. M. S. (2013). Majalah Dinding sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa yang Mengikuti Ektrakurikuler Jurnalistik di SMP N 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(1), 1–15. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/283
- Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
- Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Referensi (GP Press Group).
- Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
- Nursisto. (1999). Membina Majalah Dinding (Cetakan 2). Adicita Karya Nusa.
- Rahim, A. R. (2018). Tradisi Baca Gilir dan Budaya Resensi Sebagai Strategi Menyiasati Keterbatasan Buku di Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis Siswa SMP. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018, 565–574. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2799
- Santoso, D. R. W., Suwandi, S., & Sumarwati. (2023). Festival Literasi Daerah sebagai Sebuah Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Kota Denpasar Tahun 2021. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023 “Pembelajaran dan Edupreneur Bahasa dan Sastra Berbasis Teknologi Informasi,” 333–343. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13195
- Umar, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206–215. https://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/download/394/359
- Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194
- Widijanto, H., Wati, A., Ramadhani, A. S., & Ataya, S. (2023). Inisiasi Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo, Kecamatan Jatiroto. Seminar Nasional Pengabdian dan CSR Ke-2 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta Tahun 2022, 52–57. https://proceeding.uns.ac.id/pengabdianfp/article/view/101
- Wiedarti, P., Kisyani-Laksono, Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri, Rahmawan, N., Rahayu, E. S., SA, R. A. Y., & Antoro, B. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Cetakan 1, Vol. 2). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/8612/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah_Edisi-2.pdf
- Zubaidah, E., & Saptomo, B. (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE, 8(1), 35–42. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/5431
References
BPPB Kemdikbudristek RI. (2016a). majalah dinding. KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/majalah%20dinding
BPPB Kemdikbudristek RI. (2016b). resensi. KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/resensi
Chotimah, I. C. (2017, April 22). Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik SMK Pancasila Mojowarno Melalui Festival Literasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran “Rekonstruksi Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Karakter.” https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/918
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis: Vol. Cetakan 6. Raja Grafindo Persada.
Dewi, A. M. S. (2013). Majalah Dinding sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa yang Mengikuti Ektrakurikuler Jurnalistik di SMP N 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(1), 1–15. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/283
Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Referensi (GP Press Group).
Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Nursisto. (1999). Membina Majalah Dinding (Cetakan 2). Adicita Karya Nusa.
Rahim, A. R. (2018). Tradisi Baca Gilir dan Budaya Resensi Sebagai Strategi Menyiasati Keterbatasan Buku di Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis Siswa SMP. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018, 565–574. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2799
Santoso, D. R. W., Suwandi, S., & Sumarwati. (2023). Festival Literasi Daerah sebagai Sebuah Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Kota Denpasar Tahun 2021. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023 “Pembelajaran dan Edupreneur Bahasa dan Sastra Berbasis Teknologi Informasi,” 333–343. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13195
Umar, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206–215. https://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/download/394/359
Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194
Widijanto, H., Wati, A., Ramadhani, A. S., & Ataya, S. (2023). Inisiasi Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo, Kecamatan Jatiroto. Seminar Nasional Pengabdian dan CSR Ke-2 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta Tahun 2022, 52–57. https://proceeding.uns.ac.id/pengabdianfp/article/view/101
Wiedarti, P., Kisyani-Laksono, Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri, Rahmawan, N., Rahayu, E. S., SA, R. A. Y., & Antoro, B. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Cetakan 1, Vol. 2). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/8612/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah_Edisi-2.pdf
Zubaidah, E., & Saptomo, B. (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE, 8(1), 35–42. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/5431