Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas Catur Program Literasi (CPL) di SMK Negeri 1 Samigaluh sebagai pilar Gerakan Literasi Sekolah (GLS). CPL terdiri dari empat program literasi yaitu: Pembuatan Majalah Dinding, Pojok Baca Kelas, Tensi Tubu, dan SKASSA Cup. Pendidikan memandang literasi sebagai elemen kunci untuk membentuk warga negara terdidik dan kritis. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah merinci dan menganalisis efektivitas masing-masing program literasi serta mengeksplorasi perbedaan signifikan antara program tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa CPL secara keseluruhan memberikan dampak positif pada peningkatan literasi siswa. Pembuatan Majalah Dinding dan Pojok Baca memberikan ruang ekspresi kreatif dan peningkatan minat membaca, sementara Tensi Tubu dan SKASSA Cup fokus pada pengembangan keterampilan analitis dan berpikir kritis (analytical and critical thinking) para siswa melalui resensi buku. Integrasi keempat program menciptakan lingkungan pembelajaran literasi yang optimal. Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa SMK Negeri 1 Samigaluh berhasil menerapkan GLS secara holistik dengan efektif. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman praktik terbaik dalam meningkatkan literasi siswa di tingkat sekolah menengah kejuruan. Diharapkan penelitian ini memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk mengembangkan program literasi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa secara menyeluruh.

Keywords

program literasi GLS resensi buku analytical and critical thinking minat baca

Article Details

Author Biographies

Nindy Suryaningtyas, SMK Negeri 1 Samigaluh, Kulon Progo, Indonesia

Pengelola Perpustakaan

Teguh Prasetyo Utomo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

Direktorat Perpustakaan || Portofolio tulisan: https://bit.ly/scholargoogle-teguhprasetyo

How to Cite
Suryaningtyas, N., & Utomo, T. P. (2023). Catur Program Literasi (CPL) sebagai Pilar Gerakan Literasi Sekolah: Best Practice di SMK Negeri 1 Samigaluh. Buletin Perpustakaan, 6(2), 221–238. https://doi.org/10.20885/bpuii.v6i2.31516

References

Read More