Main Article Content

Abstract

Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia mempunyai berbagai tata ruang yang sangat nyaman sebagai tempat belajar mahasiswa. Tata ruang tersebut perlu dilakukan visualisasi agar gambaran tempat dan letaknya dapat diketahui oleh mahasiswa. Data visualisasi diambil secara kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap tata ruang perpustakaan yang ada. Hasil pengumpulan data dianalisis melalui reduksi, klasterisasi topik, dan display sehingga diperoleh kesimpulan bahwa visualisasi tata ruang perpustakaan terdiri dari: 1) lantai dua yang digunakan sebagai ruang layanan sirkulasi, koleksi buku, database Osiris, ruang baca, ruang pengolahan, dan kantor; dan 2) lantai tiga yang terdiri dari ruang koleksi cadangan, layanan referensi, ruang belajar sendiri dan kelompok, serta tempat baca lesehan.

Keywords

visualisasi tata ruang dan perpustakaan

Article Details

Author Biographies

Anton Risparyanto, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan FBE

Suti Lestari, Universitas Islam Indonesia

Direktorat Perpustakaan

How to Cite
Risparyanto, A., & Lestari, S. (2024). Visualisasi Tata Ruang Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 7(2), 211–225. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i2.36992

References

  1. Azwar, M., & Rusli, A. N. (2017). Manajemen tata ruang perpustakaan pesantren madani Alauddin Pao-Pao Makassar. Al Maktabah, 15(1), 57–70. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v15i1.4714
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat (4th ed.). (2002). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Lasa Hs. (2008). Tata Ruang Perpustakaan Perguruan Tinggi. Unilib: Jurnal Perpustakaan, 1(1), 76–81. https://journal.uii.ac.id/unilib/article/view/12712
  4. Lasa-Hs. (2017). Kamus Kepustakawanan Indonesia Edisi 4. Calpulis .
  5. Lestari, A., & Saman Madeten, S. (2020). Manajemen Perencanaan Tata Ruang Perpustakaan Smp Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) Khatulistiwa, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i1.38615
  6. Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. In Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. UIN Malik Ibrahim Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/1133/
  7. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Ed. 2, Cet. 2). ALFABETA.
  8. Trislianto, D. A. (2020). Metodologi Penelitian : Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah . Andi.
  9. Tufte, E. R. (2001). Aesthetics and Technique in Data Graphical Design. In The Visual Display Of Quantitative Information - Second Edition (Second Edition, Vol. 8, pp. 177–190). Graphic Press. https://doi.org/10.1109/MPER.1988.587534
  10. Utomo, T. P. (2023). Menggabungkan Fungsi dan Estetika: Pendekatan Desain Interior yang Holistik di Direktorat Perpustakaan UII. Jurnal Inovasi dan Ilmu Perpustakaan, 1(1), 25–35. https://jiip.unila.ac.id/index.php/ojs/article/view/5
  11. Vianingrum, Nirsal, & Ashari, N. W. (2021). Visualisasi Sarana Dan Prasarana Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis 3D Sebagai Media Promosi. 35(3), 27–35. https://www.researchgate.net