Main Article Content

Abstract

Karya tulis ilmiah menjadi syarat penting yang harus ditempuh mahasiswa dalam memperoleh kelulusan akademik. Setiap susunan karya tulis ilmiah tersusun beberapa bagian paragraf yang memuat ide pokok dan pendukung yang harus selalu dikembangkan penulis. Namun demikian mayoritas penulis pemula mengalami kesulitan dalam mengembangkan paragraf. Karya tulis ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman pengembangan paragraf karya tulis ilmiah melalui strategi pendefinisian suatu topik, narasi masalah, urutan  logis kejadian, penjelasan data statistik, kutipan referensi karya orang lain,  sebab-akibat kejadian,  pemrosesan,  pemberian contoh, perbandingan, klasifikasi, penjelasan deduktif dan induktif, ide klimaks dan anti klimaks.

Keywords

Strategi Karya Tulis Ilmiah

Article Details

Author Biography

Anton Risparyanto, Universitas Islam Indonesia

Fakultas Kedokteran

How to Cite
Risparyanto, A. (2023). Strategi Pengembangan Paragraf dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah. Buletin Perpustakaan, 6(1), 65–79. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/28535

References

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Kemdikbud). (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/.
  2. Budiyono, H. (2012). Pengembangan Paragraf dan Kualitasnya Pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Jambi. 2(2), 51–64. https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/view/2341
  3. Ulvia, C. W., Widodo, M., & Munaris. (2015). Pola Pengembangan Paragraf pada Teks Bacaan dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 3(3), 1–10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/9040/5756
  4. Herlina Wati, S., Menulis Karangan Narasi Sejarah, K., & Sudigdo, A. (2019). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 274–282. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760
  5. Jasmienti, J. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Paragraf dalam Skripsi Mahasiswa IAIN Bukittinggi. Ta’dib, 21(1), 51. https://doi.org/10.31958/jt.v21i1.1046
  6. Lidwina, S. (2015). Penulisan Paragraf dalam Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal STIE Semarang, 5(1), 38–47. https://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/153/124
  7. Nasution, L. M. (2021). Dasar Statistika. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 13(2), 141–145. https://doi.org/https://doi.org/10.51672/alfikru.v13i2.18
  8. Rostina, R. (2021). Pengembangan Paragraf dalam Menulis Sebuah Tulisan. Juripol, 4(2), 87–95. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i2.11063
  9. Wibowo, W. (2015). Tata Permainan Bahasa Karya Tulis Ilmiah. Bumi Aksara.
  10. Winarta, Y. T., Wahyudi, I., & Ezra M. Choesin. (2016). Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis dan Mencermatinya (Revisi). Yayasan Obor Indonesia.