Main Article Content

Abstract

Untuk dapat memahami isi dari bacaan yang terdapat dalam suatu cerita yang dimuat dalam buku  atau makalah diperlukan suatu cara yang cerdas, sehingga dapat  mengetahui dan memahaminya. Tulisan ini ditujukan kepada pembaca yang mengalami kesulitan dalam memahami sutu bacaan, agar dapat mengetahui isi yang terjkandung di dalamnya dengan mudah dan cepat. Adapun hasil dari penulisan ini diperoleh berbagai cara atau strategi dalam memahami tulisan dengan cepat dan mudah yang terdapat pada suatu dokumen. Strategi dan cara tersebut di antaranya melalui   pengintegrasian ide utama, sub ide, detail ide yang terdapat dalam ranting suatu kalimat, penyebab terjadinya suatu masalah, waktu dan tempat kejadian, membaca yang disertai dengan penggambaran obyek kejadian dan dampak yang ditimbulakan dari peristiwa yang terjadi.

Keywords

strategi membaca

Article Details

Author Biography

Anton Risparyanto, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan
How to Cite
Risparyanto, A. (2020). CARA CERDAS MEMAHAMI BACAAN. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 21–34. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15192

References

  1. Azis, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Biografi Melalui Metode The Learning Cell Pada Kelas VIIID SMP Negeri 6 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 14(2), 107–122. Retrieved from www.neliti.com
  2. Lestyarini, B. (1981). Pentingnya Metakognisi dalam Membaca Komprehensi Teks berbagai Bidang Studi. Jurnal Staf UNY. Retrieved from uny.ac.id
  3. Nimatuzahroh. (2015). Efektifitas Strategi membaca Kolaboratif untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar. See discussions, stats, and author profiles for this publication https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14997.63205
  4. Reed, S.K. (2011). Kognisi: Teori dan Aplikasi (7th ed.). Jakarta: Salemba Humania.
  5. Sari, A, S., & Pandjaitan, L. L. (2017). Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Peran Psikologi Perkembangan Dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital, (978-602-1145-49–4), 146–153. Retrieved from jurnal.unissula.ac.id
  6. Sri, I, M. (2015). Hubungan Strategi Membaca Dengan Kemampuan Memahami teks Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Umsb Padangpanjang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 6(1). https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1157