Main Article Content
Abstract
Untuk dapat memahami isi dari bacaan yang terdapat dalam suatu cerita yang dimuat dalam buku atau makalah diperlukan suatu cara yang cerdas, sehingga dapat mengetahui dan memahaminya. Tulisan ini ditujukan kepada pembaca yang mengalami kesulitan dalam memahami sutu bacaan, agar dapat mengetahui isi yang terjkandung di dalamnya dengan mudah dan cepat. Adapun hasil dari penulisan ini diperoleh berbagai cara atau strategi dalam memahami tulisan dengan cepat dan mudah yang terdapat pada suatu dokumen. Strategi dan cara tersebut di antaranya melalui pengintegrasian ide utama, sub ide, detail ide yang terdapat dalam ranting suatu kalimat, penyebab terjadinya suatu masalah, waktu dan tempat kejadian, membaca yang disertai dengan penggambaran obyek kejadian dan dampak yang ditimbulakan dari peristiwa yang terjadi.
Keywords
Article Details
References
- Azis, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Biografi Melalui Metode The Learning Cell Pada Kelas VIIID SMP Negeri 6 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 14(2), 107–122. Retrieved from www.neliti.com
- Lestyarini, B. (1981). Pentingnya Metakognisi dalam Membaca Komprehensi Teks berbagai Bidang Studi. Jurnal Staf UNY. Retrieved from uny.ac.id
- Nimatuzahroh. (2015). Efektifitas Strategi membaca Kolaboratif untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar. See discussions, stats, and author profiles for this publication https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14997.63205
- Reed, S.K. (2011). Kognisi: Teori dan Aplikasi (7th ed.). Jakarta: Salemba Humania.
- Sari, A, S., & Pandjaitan, L. L. (2017). Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Peran Psikologi Perkembangan Dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital, (978-602-1145-49–4), 146–153. Retrieved from jurnal.unissula.ac.id
- Sri, I, M. (2015). Hubungan Strategi Membaca Dengan Kemampuan Memahami teks Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Umsb Padangpanjang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 6(1). https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1157
References
Azis, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Biografi Melalui Metode The Learning Cell Pada Kelas VIIID SMP Negeri 6 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 14(2), 107–122. Retrieved from www.neliti.com
Lestyarini, B. (1981). Pentingnya Metakognisi dalam Membaca Komprehensi Teks berbagai Bidang Studi. Jurnal Staf UNY. Retrieved from uny.ac.id
Nimatuzahroh. (2015). Efektifitas Strategi membaca Kolaboratif untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar. See discussions, stats, and author profiles for this publication https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14997.63205
Reed, S.K. (2011). Kognisi: Teori dan Aplikasi (7th ed.). Jakarta: Salemba Humania.
Sari, A, S., & Pandjaitan, L. L. (2017). Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Peran Psikologi Perkembangan Dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital, (978-602-1145-49–4), 146–153. Retrieved from jurnal.unissula.ac.id
Sri, I, M. (2015). Hubungan Strategi Membaca Dengan Kemampuan Memahami teks Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Fkip Umsb Padangpanjang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 6(1). https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i1.1157