Main Article Content

Abstract

Berbagai jenis layanan sarana informasi yang dibutuhkan mahasiswa telah disediakan oleh perpustakaan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Indonesia. Paparan artikel diskritip ini bertujuan untuk mengeksplorasi ketersediaan jenis layanan di perpustakaan tersebut. Data paparan artikel diambil melalui observasi serta wawancara purposive terhadap informan bagian layanan analisis dilakukan  katagorik. Hasil analisis data diperoleh paparan jenis- jenis layanan yang tersedia di perpustakaan di antaranya:  layanan sirkulasi (peminjaman, perpanjangan dan pengembalian) koleksi buku, akses database Osiris dan Bank Focus: bebas pustaka, cek similarity plagiasi dengan menggunakan software Turnitin, ruang belajar bersama (diskusi) dan ruang baca, referensi dan terbitan berkala serta layanan tugas akhir mahasiswa skripsi, tesis dan disertasi. Dengan tersedianya berbagai layanan yang representatif tersebut diharapkan pengguna perpustakaan dapat belajar dengan nyaman.

Keywords

layanan perpustakaan perpustakaan fakultas layanan informasi sirkulasi tugas akhir mahasiswa

Article Details

Author Biography

Anton Risparyanto, Universitas Islam Indonesia

Perpustakaan

How to Cite
Risparyanto, A. (2025). Jenis-Jenis Layanan Perpustakaan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 8(2), 185–199. https://doi.org/10.20885/bpuii.v8i2.40818

References

  1. Afrina, C., Rasyid, S., Nazira, H., Oktaviani, A., Yoelanda, A. M., Syukrinur, S., & Elvi, E. (2023). Pentingnya Desain Interior terhadap Kenyamanan Pengunjung Perpustakaan. Jurnal Pustaka Ilmiah, 9(1), 35. https://doi.org/10.20961/jpi.v9i1.67849
  2. Budi, H. S. (2011). Plagiarisme: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika. Kanisius.
  3. Kurniawan, T. (2016). Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Mengembangkan Institusional Repository. Pustaloka, 8(2), 232–243. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v8i2.683
  4. Lasa Hs. (2016). Manajemen Perpustakaan. Penerbit Ombak.
  5. Lasa-HS. (2017). Kamus Kepustakawanan Indonesia Edisi 4. Calpulis .
  6. Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 169–182. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.169-182
  7. Rahayuningsih, F., & Supriayanto, Y. P. (2007). PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN (Edisi Pertama). Graha Ilmu.
  8. Tresnawati, D., Syaichu R, A., & Kuspriyanto. (2012). Plagiarism Detection System Design for Programming Assignment in Virtual Classroom based on Moodle. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 67, 114–122. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.312
  9. Utomo, T. P., & Agustin, S. (2024). Aplikasi Turnitin sebagai Sarana Cek Plagiarisme Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 7(1), 65–81. https://doi.org/10.20885/bpuii.v7i1.34333
  10. Wijaya, D. P., & Sumiyati, S. (2023). Sistem Layanan Sirkulasi Perpustakaan Pada Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kota Bandung. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 25(1), 41–54. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v25i1.3529