Main Article Content
Abstract
Artikel ini menyajikan kajian pendahuluan tentang penafsiran Islam sebagai sebuah system nilai yang diperlukan dalam pengkajian Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi Islam Indonesia. Dalam kajian ini, contoh inspirasi Islam dalam Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi Islam mengambil kasus di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai pelopor pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Dalam artikel ini, penulis menelusuri kerangka pembaharuan pemikiran Islam tentang gagasan-gagasan demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani (civil society) yang juga turut mempengaruhi pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di kedua institusi yang dikaji. Dari kajian dokumentasi berupa buku bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan di kedua institusi tersebut, transformasi nilai-nilai ke-Islam-an ke dalam Pendidikan Kewarganegaraan memiliki sumbangan penting tentang pemaknaan upaya membentuk warga negara yang baik dengan identitas Islam.
Article Details
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution (CC-BY-SA) 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.