Main Article Content

Abstract

Artikel ini menyajikan kajian pendahuluan tentang penafsiran Islam sebagai sebuah system nilai yang diperlukan dalam pengkajian Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi Islam Indonesia. Dalam kajian ini, contoh inspirasi Islam dalam Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi Islam mengambil kasus di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai pelopor pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Dalam artikel ini, penulis menelusuri kerangka pembaharuan pemikiran Islam tentang gagasan-gagasan demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani (civil society) yang juga turut mempengaruhi pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan di kedua institusi yang dikaji. Dari kajian dokumentasi berupa buku bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan di kedua institusi tersebut, transformasi nilai-nilai ke-Islam-an ke dalam Pendidikan Kewarganegaraan memiliki sumbangan penting tentang pemaknaan upaya membentuk warga negara yang baik dengan identitas Islam.

Article Details

How to Cite
Samsuri, S. (2010). TRANSFORMING ISLAMIC VALUES INTO CIVIC EDUCATION. Millah: Journal of Religious Studies, 9(2), 239–253. https://doi.org/10.20885/millah.vol9.iss2.art5