Main Article Content

Abstract

Buku ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari kertas kerja penulis dalam mata kuliah Sejarah Isiam Nusantara di Jurusan Ushuluddin STAIN Ponorogo dan hasil penelitian kompetirif individual Depag RI. Nilai lebih buku ini terletak pada penyuguhan proses dan tawaran solusi epistemologis dalam  pembacaan atas pemikiran Islam di Indonesia kontemporer.

Secara keseluruhan, fokus pembahasan buku ini tentang Islam Pribumi ala  Gus Dur, pemikiran Islam merupakan pemikiran Islam yang lahir untuk membela kepentingan rakyat secara keseluruhan, dan untuk menjaga pluralitas,  baik budaya, etnis, maupun agama. Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kemaslahatan rakyat secara keseluruhan, pemikiran ini mencanangkan tegaknya demokrasi dan penegakati hukum tanpa pandang bulu. Hak-hak warga Negara harus menjadi pijakan utama dalam demokrasi dan penegakan hukum.

Article Details

How to Cite
Yusdani, Y. (2016). Meretas Agama Berkeadaban Dalam Bingkai Keindonesiaan. Millah: Journal of Religious Studies, 11(2), 647–660. https://doi.org/10.20885/millah.volxi.iss2.art15