Main Article Content

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis modern semakin ketat dan kompleks. Setiap perusahaan harus selalu memahami apa yang terjadi di pasar dan apa yang diinginkan konsumen saat ini, serta perubahan yang terjadi agar dapat bersaing dengan pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi inkremental terhadap keunggulan bersaing pada UKM Perak di Yogyakarta, Untuk mengetahui  pengaruh inovasi radikal terhadap keunggulan bersaing pada UKM Perak di Yogyakarta, dan Untuk mengetahui pengaruh inovasi inkremental dan inovasi radikal secara simultan terhadap keunggulan bersaing pada UKM Perak di Yogyakarta. Sampel yang diambil adalah sebagian wirausahawan perak di Kota Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu minimal 96 wirausahawan perak di Kota Yogyakarta. Metode pengujian dan analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi incremental memiliki pengaruh signifikan pada keunggulan bersaing pada UKM Perak di Kota Yogyakarta, inovasi radikal memiliki pengaruh signifikan pada keunggulan bersaing pada UKM Perak di Kota Yogyakarta, serta inovasi incremental dan inovasi radikal memiliki pengaruh secara simultan pada keunggulan bersaing bersaing pada UKM Perak di Kota Yogyakarta.

Article Details

How to Cite
Farhan, I., & Nasito, M. (2023). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada UKM Perak di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(6), 161–173. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/25357

References

  1. Aditya, H. (2004). Analisis Pengaruh Merk, Orientasi Strategik, Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi pada UKM Tanggulangin di Kota Sidoarjo), Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 3(3), pp. 309-324.
  2. Dewi, S. T. (2006). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan). Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.
  3. Fatah, A. V. A. (2013). Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar Terhadap keunggulan Bersaing (Survey pada UKM Batik Deden Tasikmalaya), Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
  4. Harrison A and van Hoek, R., (2008). Logistics Management and Strategy (3th edition), Harlow, England: Pearson Education.
  5. Holweg, M. (2005). An Investigation into Supplier Responsiveness, International Journal of Logistics Management, 16(1), pp. 96-119.
  6. Kao, J. J. (2001). Entrepreneurship, Creativity and Organization: Text, Cases and Reading. Englewood Cliffs, NJ: Harvard Business School Prentice Hall.
  7. Kotler, P. (2005). Dasar- Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi ke-9. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
  8. Koufteros, X. A. (1995). Time-Based Manufacturing: Developing a Nomological Network of Constructs and Instrument Development, Doctoral Dissertation. University of Toledo: OH. Harlow, England: Pearson Education, first published in 2002.
  9. Li, S., Ragu-Nathan, T.S., and Subba Rao, S. (2006). “The Impact of Supply Chain Management Practise on Competitive Advantage and Organizational Performance,” Omega, 34(1). pp. 107 – 124.
  10. Merakati, I., Rusdarti, and Wahyono. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education. JEE 6(2) (2017), pp. 114 - 123.
  11. Ojasalo, J. (2008). Management of Innovation Networks: a Case Study of Different Approaches. European Journal of Innovation Management, 11(1), pp. 51 – 86.
  12. Porter, M. E. (1993). Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Erlangga.
  13. Rahmawati, A. I. E. dan Hadiprajitno, P. B. (2015). Analisis Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2013. Diponegoro Journal of Accounting, 4(2), pp. 737-747.
  14. Ranjit, B. (2004). Knowledge Management Metrics. Industrial Management & Data Systems, 104(6), pp. 457-68.
  15. Suendro, G. (2010). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Melalui Kinerja Pemasaran untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan (Studi kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(2),. pp. 230-243.
  16. Suharto, R. and Devie (2013). Analisa Pengaruh SCM Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan. Business Accounting Review 1(2), pp. 226-235.
  17. Suparyadi. (2003). Membangun Keunggulan Bersaing Industri Kecil gila Merah Tebu: Kiat Bersaing di Pasar Ekspor. Jurnal Siasat Bisnis 2(8), pp. 131- 154.
  18. Tellis, G.J., Prabhu, J.C. and Chandy, R.K. (2009). Radical innovation across nations: the preeminence of corporate culture. Journal of Marketing, 73(1), pp. 3-23.
  19. Vesey, J. T. (1991). The New Competitors: They Think in Terms of Speed-To-Market, Academy of Management Executive, 5(2), pp. 23-33.