Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kualitas produk secara parsial maupun simultan terhadap kinerja operasional brand Erigo di Marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan data primer dengan kuesioner yang disebarkan pada saat penelitian. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Inovasi produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja operasional brand Erigo di marketplace Shopee. Artinya, dengan melakukan pengembangan atribut produk baru, mengembangkan berbagai tingkat kualitas dan mengembangkan model dan ukuran produk (product profiling) maka akan membangkitkan dan meningkatkan kinerja operasional, sehingga kinerja operasional semakin efektif dan efisien; 2) Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja operasional brand Erigo di marketplace Shopee. Artinya dengan memperhatikan kualitas produk yang terdiri dari performance, durability, conformance to specifications, features, reliability, aesthetics dan impression quality (persepsi kualitas) maka akan membangkitkan dan meningkatkan kinerja operasional, sehingga kinerja operasional semakin efektif dan efisien; 3) Inovasi produk dan kualitas produk memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap kinerja operasional pada brand Erigo di marketplace Shopee. Dalam artian jika inovasi produk dan kualitas produk efektif, maka kinerja operasional akan meningkat dan ini akan menguntungkan perusahaan.

Keywords

inovasi kualitas kinerja operasional inovasi kualitas kinerja operasional

Article Details

Author Biographies

Rizki Akbar Ramadhan, Universitas Islam Indonesia

 

 

Mochamad Nasito, Universitas Islam Indonesia

 

 

How to Cite
Ramadhan, R. A., & Nasito, M. (2023). Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Operasional Perusahaan (Studi pada Brand Erigo di Marketplace Shopee). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 86–97. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/28417

References

  1. Akbar, E.R.V. (2019) ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MC DONALD’S YOGYAKARTA. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18333.
  2. Assauri, S. (2008) Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: UI-Press.
  3. Fahmila, S.F. (2018) PENGARUH STRATEGI INOVASI TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA UKM DI YOGYAKARTA. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6292.
  4. Fraenkel, J.R., Wallen, N.E. dan Hyun, H.H. (2012) How to Design and Rvaluate Research in Education. 8 ed. New York: McGraw-Hill.
  5. Herlambang, C. (2009) Pengaruh Strategi Inovasi terhadap Kinerja Operasional pada UKM Tahu di Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatang, Kota Magelang. Universitas Islam Indonesia.
  6. Hills, G.E. (1994) Marketing and entrepreneurship: Research ideas and opportunities. Praeger.
  7. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  8. Kurniasari, R.D. (2018) PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus pada Produk Kerajinan Enceng Gondok “AKAR”). Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada: https://eprints.uny.ac.id/55472/.
  9. Lukas, B.A. dan Ferrell, O.C. (2000) “The Effect of Market Orientation on Product Innovation,” Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), hal. 239–247. Tersedia pada: https://doi.org/10.1177/0092070300282005.
  10. Mulyadi, W., Tarigan, R.E. dan Widjaja, A.E. (2016) “Pengaruh Inovasi, Kreativitas, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keunggulan Kompetitif: Sebuah Studi Kasus,” in Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi. Samosir: Universitas Negeri Medan, hal. 1610–1615. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/profile/Andree-Widjaja/publication/316470649_Pengaruh_Inovasi_Kreativitas_Dan_Kepuasan_Konsumen_Terhadap_Keunggulan_Kompetitif_Sebuah_Studi_Kasus/links/58fff9930f7e9bcf6545595a/Pengaruh-Inovasi-Kreativitas-Dan-Kepuasan-Konsumen-Terhadap-Keunggulan-Kompetitif-Sebuah-Studi-Kasus.pdf.
  11. Naufal, A.A. (2018) Pengaruh kualitas produk terhadap kinerja operasional industri busana muslim di Kota Bandung. Universitas Katolik Parahyangan. Tersedia pada: https://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/7158.
  12. Prajogo, D.I. dan Sohal, A.S. (2003) “The relationship between TQM practices, quality performance, and innovation performance,” International Journal of Quality & Reliability Management, 20(8), hal. 901–918. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/02656710310493625.
  13. Rajapathirana, R.P.J. dan Hui, Y. (2018) “Relationship between innovation capability, innovation type, and firm performance,” Journal of Innovation & Knowledge, 3(1), hal. 44–55. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.jik.2017.06.002.
  14. Schroeder, R.G., Anderson, J.C. dan Cleveland, G. (1986) “The content of manufacturing strategy: An empirical study,” Journal of Operations Management, 6(3), hal. 405–415. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/0272-6963(86)90013-6.
  15. Tannady, H. (2015) Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  16. Tarigan, Z.J.H. (2018) “The Impact of Organization Commitment to Process and Product Innovation in Improving Operational Performance,” International Journal of Business and Society, 2(19), hal. 335–346. Tersedia pada: https://repository.petra.ac.id/18072/.
  17. Terziovski, M., Samson, D. dan Dow, D. (1997) “The business value of quality management systems certification. Evidence from Australia and New Zealand,” Journal of Operations Management, 15(1), hal. 1–18. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0272-6963(96)00103-9.
  18. Titioka, S.R. dan Titioka, B.M. (2021) “Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Implementasi Kinerja Operasional Industri Roti Di Kota Ambon,” Jurnal Maneksi, 10(1), hal. 76–84. Tersedia pada: https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/567.
  19. Tjiptono, F. (2007) Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.