Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap daya saing bisnis dan kinerja bisnis pada PT. Trans Jogja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pengguna Trans Jogja dengan jumlah total sampel 100. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan metode partial least square dan bantuan apliaksi Smart PLS. Hasil penelitian adalah daya saing berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis pada Trans Jogja, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap daya saing Trans Jogja, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis Trans Jogja.

Keywords

kualitas pelayanan daya saing bisnis kinerja bisnis kualitas pelayanan daya saing bisnis kinerja bisnis

Article Details

How to Cite
Nurdin, A. K., & Nasito, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Daya Saing Bisnis dan Kinerja Bisnis pada PT. Trans Jogja. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(2), 216–226. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/28519

References

  1. Aga, O.N.L. (2018) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Daya Saing dengan Brand Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Butik Ibu Suparni). Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Tersedia pada: http://repository.ubharajaya.ac.id/1163/1/201520152036_Octa Nilam Lukkita Aga_Cover-Daftar Isi.pdf.
  2. Arikunto, S. (2014) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Caruana, A., Pitt, L. dan Ewing, M. (2003) “The market orientation-performance link: the role of service reliability,” The Service Industries Journal, 23(4), hal. 25–41. doi:10.1080/02642060412331300992.
  4. Fatimah, T.S. dan Hidayat, P. (2015) “Analisis Daya Saing Ekonomi Kabupaten Serdang Bedagai,” Ekonomi dan Keuangan, 3(1), hal. 43–58. Tersedia pada: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/edk/article/view/11736.
  5. Frinces, Z.H. (2011) Be An Entrepreneur (Jadilah Seorang Wirausaha): Kajian Strategis Pengembangan Kewirausahaan. 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  6. Fuad, N., Adolfina dan Trang, I. (2017) “Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Daya Saing terhadap Kinerja Organisasi (Studi pada Koperasi Anugrah Mega Mandiri Manado),” Jurnal EMBA, 5(2), hal. 1653–1663. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/16369.
  7. Gayo, H.D. (2017) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pelayanan dan Inovasi Produk terhadap Daya Saing Bank BNI Syariah Cabang Fatmawati. UIN Syarif Hidayatullah. Tersedia pada: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53012.
  8. Hartini, S. (2012) “Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(1), hal. 82–88. Tersedia pada: https://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18375.
  9. Hasan, M.I. (2002) Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  10. Healy, B., Ledwith, A. dan O’Dwyer, M. (2014) “Perceptions of product advantage, NPD and organisational performance,” Journal of Small Business and Enterprise Development, 21(1), hal. 49–68. doi:10.1108/JSBED-05-2013-0078.
  11. Indriani, A. dan Nurcaya, I. (2015) “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Word Of Mouth yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan pada PT. Auto Bagus Rent A Car Denpasar,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(5), hal. 1301–1321. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11737.
  12. Jumady, E. et al. (2016) “The Effects of Integrative Supply Chain Management on the Just in Time and Competitiveness of the Food and Beverage Manufacturing Companies in Makassar,” Scientific Research Journal (SCIRJ), 4(4), hal. 25–29. Tersedia pada: http://www.scirj.org/apr-2016-paper.php?rp=P0416328.
  13. Jumady, E. dan Fajriah, Y. (2020) “Green Supply Chain Management: Mediasi Daya Saing dan Kinerja Perusahaan Manufaktur,” Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 8(1), hal. 43–55. Tersedia pada: https://journal.untar.ac.id/index.php/industri/article/view/6899.
  14. Lupiyoadi, R. dan Hamdani, D.A. (2011) Manajemen Pemasaran Jasa. 2 ed. Jakarta: Salemba Empat.
  15. Maddeppungeng, A. (2017) “Pengaruh Manajemen Rantai Pasok (MRP) pada Daya Saing dan Kinerja Perusahaan Jasa Konstruksi di DKI-Jakarta,” Konstruksia, 8(2), hal. 23–36. Tersedia pada: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/konstruksia/article/view/1745.
  16. Mafini, C. dan Loury-Okoumba, W.V. (2016) “Buyer-Supplier Commitment, Trust and Cooperation As Influencing Factors To Business Performance in the Fast Moving Consumer Goods Industry,” in Proceedings of the 28th Annual Conference of the Southern African Institute of Management Scientists. Pretoria: University of Pretoria, hal. 617–632. Tersedia pada: https://www.up.ac.za/media/shared/643/ZP_Files/2016/Papers/s1_full.zp97884.pdf.
  17. Poetri, R.I., Mantikei, B. dan Kristiana, T. (2020) “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor BPPRD Palangka Raya,” Journal of Environment and Management, 1(3), hal. 179–186. Tersedia pada: https://e-journal.upr.ac.id/index.php/jem/article/view/2561.
  18. Porter, M.E. (1993) Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta: Erlangga.
  19. Putri, E.T., Priono, H. dan Susilowati, E. (2017) “Kinerja Badan Jaminan Sosial Dan Kepuasan Pelanggan,” Assets : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan dan Pajak, 1(1), hal. 20–32. doi:10.30741/assets.v1i1.15.
  20. Sani, A.A. (2017) “Pengaruh Teknologi Ramah Lingkungan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Perusahaan,” E-Jurnal Manajemen Unud, 6(7), hal. 3485–3512. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/30139.
  21. Wahono, R.M. dan Masykuroh, E. (2022) “Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Daya Saing dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Nganjuk Yos Sudarso,” Falahiya: Research Journal of Islamic Banking and Finance, 1(2), hal. 156–172. Tersedia pada: https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/falahiya/article/view/952.
  22. Wales, W.J., Parida, V. dan Patel, P.C. (2013) “Too much of a good thing? Absorptive capacity, firm performance, and the moderating role of entrepreneurial orientation,” Strategic Management Journal, 34(5), hal. 622–633. doi:10.1002/smj.2026.
  23. Yamit, Z. (2001) Manajemen Kualitas: Produk dan Jasa. 1 ed. Yogyakarta: Ekonisia.