Main Article Content

Abstract

Wabah virus corona (covid-19) telah menyebar pada akhir 2019, akibatnya sebagian besar pekerja terkena pemutus hubungan kerja (PHK) dari berbagai perusahaan atau instasi, tak terkecuali di kota Kendari sehingga banyak orang memilih untuk membangun usaha mereka sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh mediasi inovasi model bisnis terhadap orientasi kewirausahaan dan kinerja pengembangan produk baru  pada UKM di kota kendari. Penelitian ini bersifat kuntitatif dan menggunakan populasi pengusaha UKM yang berada di kota Kendari. Dalam penelitian ini mengambil jumlah 108 responden yang dikumpulkan dalam kuesioner dari pengusaha UKM dikota Kendari. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM PLS 3.29. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengembangan produk baru (2) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi model bisnis  (3) inovasi model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengembangan produk baru (4) inovasi model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan dan kinerja pengembangan produk.

Keywords

orientasi kewirausahaan inovasi model bisnis kinerja pengembangan produk baru

Article Details

How to Cite
Muchsin, & Nasito, M. (2022). Pengaruh Mediasi Inovasi Model Bisnis terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Pengembangan Produk Baru pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Kendari. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(6), 46–57. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/26388

References

  1. Alegre, J. and Chiva, R. (2013) ‘Linking entrepreneurial orientation and firm performance: The role of organizational learning capability and innovation performance’, Journal of Small Business Management, 51(4), pp. 491–507. doi: 10.1111/jsbm.12005.
  2. Amit, R. and Zott, C. (2012) ‘Creating Value through Business Model Innovation’, MIT Slogan Management Review, 53, pp. 41-49.
  3. Birkinshaw, J. (1997) ‘Entrepreneurship in multinational corporations’, Strategic Management Journal, 18(3), pp. 207–229.
  4. Bouncken, R. B. et al. (2016) ‘Entrepreneurial orientation in vertical alliances: joint product innovation and learning from allies’, Review of Managerial Science, 10(2), pp. 381–409. doi: 10.1007/s11846-014-0150-8.
  5. Casadesus-Masanell, R. and Ricart, J. E. (2010) ‘From strategy to business models and onto tactics’, Long Range Planning, 43(2–3), pp. 195–215. doi: 10.1016/j.lrp.2010.01.004.
  6. Casillas, J. C. and Moreno, A. M. (2010) ‘The relationship between entrepreneurial orientation and growth: The moderating role of family involvement’, Entrepreneurship and Regional Development, 22(3–4), pp. 265–291. doi: 10.1080/08985621003726135.
  7. Chesbrough, H. (2010) ‘Business model innovation: Opportunities and barriers’, Long Range Planning, 43(2–3), pp. 354–363. doi: 10.1016/j.lrp.2009.07.010.
  8. Covin, J. G. et al. (2020) ‘Individual and team entrepreneurial orientation: Scale development and configurations for success’, Journal of Business Research, 112, pp. 1–12. doi: 10.1016/j.jbusres.2020.02.023.
  9. Ferreras-Méndez, J. L. et al. (2021) ‘Entrepreneurial orientation and new product development performance in SMEs: The mediating role of business model innovation’, Technovation, 108. doi: 10.1016/j.technovation.2021.102325.
  10. Gatignon, H. and Xuereb, J.-M. (1997) ‘Strategic Orientation of the Firm and New Product Development’, Journal of Marketing Research, 34(1), pp. 77–90.
  11. Hughes, M. et al. (2018) ‘Innovative Behaviour, Trust and Perceived Workplace Performance’, British Journal of Management, 29(4), pp. 750–768. doi: 10.1111/1467-8551.12305.
  12. Hult, G. T. M. and Ketchen, D. J. (2001) ‘Does market orientation matter?: A test of the relationship between positional advantage and performance’, Strategic Management Journal, 22(9), pp. 899–906. doi: 10.1002/smj.197.
  13. Knight, G. (2000) ‘Entrepreneurship and Marketing Strategy: The SME under Globalization’, Journal of International Marketing, 8(2), pp. 12-32.
  14. Lee, S. M. and Peterson, S. J. (2000) ‘Culture, entrepreneurial orientation, and global competitiveness’, Journal of World Business, 35(4), pp. 401–416. doi: 10.1016/S1090-9516(00)00045-6.
  15. Management, S. (2020) ‘Narcissism , Machiavellianism , and psychopathy of top managers : Can Entrepreneurial Orientation secure performance ? Ricarda Bouncken Beate Cesinger * Victor Tiberius’, Int. J. Entrepreneurial Venturing, 12(3), pp. 273–302.
  16. Schallmo, D., Williams, C. A. and Boardman, L. (2017) ‘Digital transformation of business models-best practice, enablers, and roadmap’, International Journal of Innovation Management, 21(8), pp. 1–17. doi: 10.1142/S136391961740014X.
  17. Schiele, H. (2007) ‘Supply-management maturity, cost savings and purchasing absorptive capacity: Testing the procurement-performance link’, Journal of Purchasing and Supply Management, 13(4), pp. 274–293. doi: 10.1016/j.pursup.2007.10.002.
  18. Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.