Main Article Content

Abstract

Wabah virus corona (covid-19) telah menyebar pada akhir 2019, akibatnya sebagian besar pekerja terkena pemutus hubungan kerja (PHK) dari berbagai perusahaan atau instasi, tak terkecuali di kota Kendari sehingga banyak orang memilih untuk membangun usaha mereka sendiri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh mediasi inovasi model bisnis terhadap orientasi kewirausahaan dan kinerja pengembangan produk baru  pada UKM di kota kendari. Penelitian ini bersifat kuntitatif dan menggunakan populasi pengusaha UKM yang berada di kota Kendari. Dalam penelitian ini mengambil jumlah 108 responden yang dikumpulkan dalam kuesioner dari pengusaha UKM dikota Kendari. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SEM PLS 3.29. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengembangan produk baru (2) orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi model bisnis  (3) inovasi model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pengembangan produk baru (4) inovasi model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap orientasi kewirausahaan dan kinerja pengembangan produk.

Keywords

orientasi kewirausahaan inovasi model bisnis kinerja pengembangan produk baru

Article Details

How to Cite
Muchsin, & Nasito, M. (2022). Pengaruh Mediasi Inovasi Model Bisnis terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Pengembangan Produk Baru pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Kendari. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(6), 46–57. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/26388

References

Read More