Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan bagaimana anak-anak dari keluarga broken home dalam aktivitas-aktivitas sosial dan pendidikan keagamaannya. Dengan mengambil kasus disebuah pondok pesantren dan panti asuhan di daerah Pakem Yogyakarta, di mana terdapat sebuah pesantren dan panti asuhan yang menampung berbagai latar belakang anak, mulai dari anak-anak terlantar, yatim, kaum duafa dan fakir miskin yakni Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk membimbing santri-santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda ini khususnya bagi anak-anak dari keluarga broken home, karena terdapat 80% di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda ini berasal dari keluarga broken home, dan 20% nya lagi dari keluarga yatim, fakir miskin dan duafa. Penelitian ini penting karena akan memberikan dampingan penuh bagi anak-anak keluarga broken home yang ada di pesantren dan panti asuhan ini, mulai dari dampingan konsultasi keagamaan, dampingan mengaji al-Qur’an dan dampingan fiqih anak. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan literatur keagamaan yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak keluarga broken home yang ada di Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda ini sebenarnya masih mau didik menjadi karakter yang berkepribadian baik, hanya saja karena masih kurangan tenaga pengajar yang menyebabkan keterlambatan proses pembentukan karakter bagi anak-anak keluarga broken home tersebut. Akhirnya, penelitian ini berkesimpulan bahwa perlunya penulis untuk menerapkan dampingan keagamaan Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda tersebut. Dengan adanya tim pendampingan keagamaan yang telah dilaksanakan oleh penulis, siqnifikan telah mampu membantu tenaga pengajar pesantren dan panti asuhan dalam mengembangkan budi pekerti yang baik bagi anak-anak keluarga broken home khususnya dan seluruh santri pesantren dan panti asuhan umumnya.

Keywords

Pendampingan Keagamaan Keluarga Broken Home

Article Details

References

  1. Ainiyah, Nur. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al-Ulum, Vol. 13, No. 1, (Juni 2013)
  2. Aziz, Mukhlis. “Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home Dalam Berbagai Perspektif (Suatu Penelitian di SMP 18 Kota Banda Aceh)”, Jurnal Al-Ijtimayyah, Vol. 1, No. 1 (2015)
  3. Dikutip dari http://pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id/pdpp/profil/15971 di akses pada hari Rabu tanggal 03 April 2019 jam 20.45 WIB
  4. Dikutip dari http://sablilulhuda.blogspot.com/2016/03/profil-ponpes-sabilul- huda.html diakses pada hari Rabu tanggal 03 April jam 21.30 WIB
  5. Dikutip dari http://sablilulhuda.blogspot.com/2016/03/profil-ponpes-sabilul- huda.html diakses pada hari Rabu tanggal 05 April jam 20.40 WIB
  6. Dikutip dari https://pakdosen.co.id/masalah-pengertian-menurut-para-ahli-serta- jenis-jenis-masalah/ diakses pada hari Rabu tanggal 06 April jam 09.20 WIB
  7. Dikutip dari https://sabilulhuda.org/profil/sejarah-pendirian/ diakses pada hari Rabu tanggal 03 April jam 21.05 WIB
  8. Dikutip dari https://www.republika.co.id/berita/dunia-slam/khazanah/14/03/22/n2tcqg-penghafal-alquran-perlu-pendamping-yang-sabar-1 diakses pada hari Rabu tanggal 08 April jam 22.10 WIB
  9. Dikutip dari https://www.republika.co.id/berita/koran/news-update/14/09/19/nc4tw832-ponpes-dan-panti-asuhan-sabilul-huda-cetak- santri-wirausaha diakses pada hari Rabu tanggal 03 April jam 21.20 WIB Dikutip dari https://tarjih.or.id/fikih-anak-dan-konsep-fikih-baru-dalam- muhammadiyah/ diakses pada hari Rabu tanggal 08 April jam 22.50 WIB Hidayah, Nur, Arum. “Bimbingan Keagamaan Terhadap Anak Penyandang Tuna Netra Untuk Menumbuhkan Kepercayaan Diri Dibalai Rehabilitas Sosial (Distrarasta) Pemalang”, Skripsi Mahasiswa, Semarang: UIN Walisongo, (2015)
  10. Pratama, Randi, dkk. “Perilaku Agresif Siswa dari Keluarga Broken Home”, Jurnal Konselor, Vol. 5, No. 4, Desember 2016)
  11. Rustan, Sultra, Ahamad, dkk. “Pengaruh Orangtua Tunggal Terhadap Pembentukan Sikap Anak Di Desa Bone-Bone Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang”, Jurnal Komunida, Vol. viii, No. 1 (Juni 2018)
  12. Santi, Ribka Melissa. “Pola Komunikasi Anak-Anak Delinkuen Pada Keluarga Broken Home Di Kelurahan Kerombasan Selatan Kecamatan Wanea Kota Manado”, Jurnal Acta Diurna, Vol. 4, No. 4, (2015)
  13. Savitri, Irsalina Desy, dkk. “Peran Keluarga dan Guru Dalam Membangun Karakter dan Konsep Diri Siswa Broken Home Di Usia Sekolah Dasar”, Vol. 1, No. 5, Mei (2015)
  14. Wawancara dengan Hirni Indira di Yogyakarta, tanggal 07 Januari 2019

Most read articles by the same author(s)