Main Article Content
Abstract
Sejak manusia lahir, tiap individu telah dibekali seperangkat hak yang melekat pada dirinya. Salah satunya adalah hak mendapat pendidikan. Pendidikan tidak pernah memandang kepada siapa ia berlabuh. Terlebih lagi pendidikan agama Islam yang wajib dipelajari oleh setiap penganutnya. Pondok pesantren adalah salah satu tempat kegiatan belajar mengajar agama Islam. Pondok Pesantren Waria Al Fatah Yogyakarta adalah pondok pesantren waria satu-satunya yang ada di Indonesia. Pondok pesantren waria ini berdiri sejak Juli 2008 di Kotagede, Yogyakarta. Waria sendiri secara biologis adalah pria. Namun, secara psikologis waria adalah individu yang merasa dirinya adalah wanita. Pondok pesantren ini memiliki tujuan agar para santri yang belajar di sana dapat bertaqwa kepada Tuhan YME dan mendapat pendidikan moral yang berlaku di masyarakat pada umumnya. Melalui metode pembelajaran BTAQ santri waria dibimbing untuk memahami agama Islam. Dengan metode wawancara mendalam dan kajian pustaka, penelitian ini mengelaborasi bagaimana konsep pendidikan agama Islam yang dipakai di pondok pesantren waria tersebut. Tidak hanya edukasi pada santri waria saja. Namun, pondok pesantren ini memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang eksistensi mereka melalui kegiatan sosial.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 at-thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
- Tedy, Supriadi, “Model Pembelajaran Internalisasi Iman dan Taqwa Dalam Pembelajaran PAI Untuk Usia Sekolah Dasar”, Journal Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Vol. 3, No. 2, 2016.
- Hanum Lutfiati, “Pengaruh Kegiatan Malam Binaan Iman dan Taqwa Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Dididk di SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.
- Rizki, Toyibah, 2015 “Program Pembinaan IMTAQ (Iman dan Taqwa) Untuk Pembangunan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X di MAN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta”, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
- Boeree, C.G. (2007) Personality Theoris: Melacak Kepribadian Anda Bersama sikolog Dunia, edk 4, Yogyakarta: Primasophie.
- Faza, T. G., Marwinata P, & Fauziah N, 2018, ‘Peranan Pesantren Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqh Ibadah Waria (Studi Kasus Pesantren Waria Al-Fatah di Kotagede Yogyakarta)’ ,Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam : Yogyakarta.
- Ya’la Kurnaedi, A. (2010), Metode Asy-Syafi’I Ilmu Tajwid, Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’I.
- Suwono, Hadi, “Model Pelatihan Berbasis Kelompok Kerja Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Menyususn Perangkat Penilaian Berbasis Kelas”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 16, No. 1, 2009.
References
Tedy, Supriadi, “Model Pembelajaran Internalisasi Iman dan Taqwa Dalam Pembelajaran PAI Untuk Usia Sekolah Dasar”, Journal Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Vol. 3, No. 2, 2016.
Hanum Lutfiati, “Pengaruh Kegiatan Malam Binaan Iman dan Taqwa Terhadap Pembentukan Akhlak Peserta Dididk di SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Rizki, Toyibah, 2015 “Program Pembinaan IMTAQ (Iman dan Taqwa) Untuk Pembangunan Perilaku Keagamaan Siswa Kelas X di MAN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta”, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Boeree, C.G. (2007) Personality Theoris: Melacak Kepribadian Anda Bersama sikolog Dunia, edk 4, Yogyakarta: Primasophie.
Faza, T. G., Marwinata P, & Fauziah N, 2018, ‘Peranan Pesantren Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqh Ibadah Waria (Studi Kasus Pesantren Waria Al-Fatah di Kotagede Yogyakarta)’ ,Kementerian Agama Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam : Yogyakarta.
Ya’la Kurnaedi, A. (2010), Metode Asy-Syafi’I Ilmu Tajwid, Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’I.
Suwono, Hadi, “Model Pelatihan Berbasis Kelompok Kerja Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Menyususn Perangkat Penilaian Berbasis Kelas”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 16, No. 1, 2009.